PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY DALAM MENGATASI QUARTER LIFE CRISIS (Studi Kasus pada Klien ‘A’ Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah)

Anrie, Ayu Puteri (2023) PENERAPAN KONSELING INDIVIDU DENGAN PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY DALAM MENGATASI QUARTER LIFE CRISIS (Studi Kasus pada Klien ‘A’ Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah.

[img] Text
Cover.docx

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II TINJAUAN TEORI.docx
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (37kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.docx
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V PENUTUP.docx
Restricted to Registered users only

Download (18kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Konseling Individu dengan Pendekatan Cognitive Behaviour Therapy dalam Mengatasi Quarter Life Crisis (Studi Kasus pada Klien ‘A’ Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran quarter life crisis dan penerapan pendekatan cognitive behaviour therapy atau CBT dalam mengatasi quarter life crisis yang terjadi pada klien ‘A’. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini berupa data kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah klien ‘A’ dan sebagai narasumber yaitu ‘P’ adik dari klien ‘A’ yang juga sebagai mahasiswa di UIN Raden Fatah. Teknik analisis data yang dipakai ialah penjodohan pola, eksplanasi dan analisis deret waktu. Hasil penelitian mengenai gambaran quarter life crisis yang dialami klien ‘A’ sebelum diterapkan pendekatan cognitive behaviour therapy yaitu kebimbangan dalam memutuskan, khawatir dengan hubungan interpersonal, merasa cemas, merasa khawatir akan masa depan, merasa tertekan, menilai diri negatif, ia merasa terjebak dalam situasi sulit dan merasa putus asa. Dalam penerapannya, konseling dilakukan melalui empat tahapan yaitu pada tahap pertama membangun hubungan dengan klien dan menentukan tujuan dan apa yang menjadi harapannya, tahap kedua mengidentifikasi masalah dan memperjelas tujuan konseling, tahap ketiga yaitu memfasilitasi perubahan konseling dengan penerapan pendekatan cognitive behaviour therapy, tahap keempat evaluasi dan terminasi yaitu penyimpulan bersama hasil konseling, menguatkan generalisasi klien dan pengakhiran proses konseling. Penguatan generalisasi di mana peneliti meminta klien ‘A’ untuk mengemukakan pemikirannya dan bagaimana cara pandangnya mengenai permasalahan yang dihadapinya sehingga dapat menciptakan pola pemikiran dan tingkah laku yang lebih maju. Kata kunci : Konseling individu, pendekatan cognitive behaviour therapy, CBT, quarter life crisis

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konseling individu, pendekatan cognitive behaviour therapy, CBT, quarter life crisis
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: AYU PUTERI ANRIE 1830502070
Date Deposited: 09 Aug 2024 01:01
Last Modified: 09 Aug 2024 01:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/39850

Actions (login required)

View Item View Item