Pengaruh Bimbingan Rohani Islam Dengan Metode Dzikir Terhadap Peningkatan Ketenangan Jiwa Pada Lansia Di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang

Muhammad Arief Aidil Akbar, Arief (2024) Pengaruh Bimbingan Rohani Islam Dengan Metode Dzikir Terhadap Peningkatan Ketenangan Jiwa Pada Lansia Di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang. Undergraduate Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (78kB)
[img] Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Bab I Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
Bab II Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Bimbingan Rohani Islam Dengan Metode Dzikir Terhadap Peningkatan Ketenangan Jiwa Pada Lansia Di Panti Sosial Lanjut Usia Harapan Kita Palembang”. Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi peneliti menemukan permasalahan-permasalahan terkait ketenangan jiwa pada beberapa lansia yang tinggal di panti masih merasa hidupnya tidak tenang, merasakan kekurangan akan peran keluarga di masa tua nya, perasaan akibat ditinggalkan keluarga dan pasangan hidupnya, meningkatnya emosi dan sensitifitas sehingga kerap terjadi masalah konflik internal antara lansia lain dan menyebabkan lansia sering mengalami pertikaian dengan sesama lansia, kurangnya interaksi sosial dengan sesama lansia yang lain dan masih kurangnya kesadaran untuk beribadah dan mendekatkan diri dengan Allah SWT. Maka dari itu untuk mengatasi masalah yang timbul dari dalam diri lansia ditawarkannya kegiatan bimbingan rohani islam dengan metode dzikir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat ketenangan jiwa pada lansia dan untuk mengetahui pengaruh bimbingan rohani islam dengan metode dzikir terhadap peningkatan ketenangan jiwa pada lansia. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimental, sedangkan desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu one group pre test post test yang menggunakan sampel sebanyak 58 orang lansia dan dipilih lagi menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah 9 orang lansia yang diberikan treatment. Teknik pengumpulan data menggunakan angket likert dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, hasil pretest tingkat ketenangan jiwa lansia berada pada kategori sedang dengan M = 73,5, sedangkan hasil posttest berada pada kategori tinggi dengan M = 76,2 sedangkan hasil analisis menggunakan uji wilcoxon menunjukan hasil Z skor = -2.887. sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan rohani islam dengan metode dzikir berpengaruh terhadap peningkatan ketenangan jiwa pada lansia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: MUHAMMAD ARIEF AIDIL AKBAR 2030502105
Date Deposited: 19 Aug 2024 01:33
Last Modified: 19 Aug 2024 01:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40117

Actions (login required)

View Item View Item