PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Muzakki BAZNAS Kota Palembang)

Ginaldo, Nugi (2024) PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Muzakki BAZNAS Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI_2020604032_FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_2020604032_ABSTRAK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_2020604032_BAGIAN AWAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI_2020604032_BAGIAN ISI (BAB 1 - 5).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_2020604032_BAGIAN AKHIR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_2020604032_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] Text
SKRIPSI_2020604032_COVER.pdf

Download (63kB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH AKUNTABILITAS DAN TRANSPARANSI TERHADAP MINAT MUZAKKI MEMBAYAR ZAKAT DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS MUZAKKI BAZNAS KOTA PALEMBANG) Nugi Ginaldo 2020604032 BAZNAS Kota Palembang berupaya meningkatkan minat dan partisipasi Masyarakat dalam pembayaran Zakat. Namun Tingkat minat muzakki masih dipengaruhi oleh persepsi mereka terhadap akuntabilitas dan transparansi pengelolaan zakat oleh BAZNAS Kota Palembang. Masih banyak kesenjangan yang sangat besar antara potesi zakat dan dana zakat yang terkumpul. Dalam beberapa tahun terakhir laporan keuangan dari BAZNAS Kota Palembang tidak dapat diakses. Akuntabilitas dan transparansi ini juga merupakan faktor terpenting dalam meningkatkan kepercayaan muzakki. Kurangnya kepercayaan ini dapat mengakibatkan banyaknya muzakki mebayarkan zakatnya secara langsung kepada mustahik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akuntabilitas dan transaparansi terhadap minat muzaki membayar zakat dengan kepercayaan sebagai variabel intervening (studi kasus muzakki BAZNAS Kota Palembang). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian explanatory research yaitu penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta pengaruh antara variabel satu dengan yang lainnya. Data penelitian ini diperbagi dari penyebaran kuesioner yang ditunjukan kepada muzakki BAZNAS Kota Palembang. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperbagi sampel sebanyak 100 responden/muzakki. Teknik analisis yang digunkan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, model fit, dan pengujian hipotesis dan diolah menggunakan bantuan software SmartPls 4.0 Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Variabel akuntabilitas dan Variabel transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat Muzakki membayar zakat pada BAZNAS Kota Palembang. Variabel akuntabilitas dan Variabel transparansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan sebagai variabel intervening. Variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat Muzakki membayar zakat pada BAZNAS Kota Palembang. variabel Akuntabilitas dan variabel Transparansi berpengaruh positif dan signifikan melalui kepercayaan terhadap minat muzakki dalam membayar zakat pada BAZNAS Kota Palembang. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengelola Lembaga zakat untuk lebih pokus pada peningkatan akuntabilitas dan transparansi guna membangun dan memperkuat kepercayaan dari para muzakki, sehingga minat mereka membayar zakat dapat terus ditingkatkan. Kata Kunci : Akuntabilitas, Transparansi, Minat Muzakki, Kepercayaan, dan Zakat

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Akuntabilitas, Transparansi, Minat Muzakki, Kepercayaan, dan Zakat
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 74236 - Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: NUGI GINALDO 2020604032
Date Deposited: 23 Aug 2024 01:06
Last Modified: 23 Aug 2024 01:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40386

Actions (login required)

View Item View Item