PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 127 PALEMBANG

Nurjanah, Dewi (2024) PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 127 PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (285kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (595kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (0B)

Abstract

Pemerintah Indonesia meluncurkan kurikulum merdeka pada tahun 2022 sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan dimana kurikulum ini adalah kurikulum yang berpusat pada siswa (student centered learning) dan bertujuan untuk membangun profil pelajar pancasila yang beriman, bernalar kritis, mandiri, bergotong royong dan kreatif. Sehingga secara konseptual, kurikulum merdeka memang dirancang untuk membina karakter positif pada diri siswa sesuai dengan profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kurikulum merdeka dalam membina karakter peserta didik di SD Negeri 127 Palembang, kendala pelaksanaan kurikulum merdeka dalam membina karakter peserta didik di SD Negeri 127 Palembang, serta menganalisis dampak dari pelaksanaan kurikulum merdeka dalam membina karakter siswa di SD Negeri 127 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan lokasi diSD Negeri 127 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus.Agar data yang akurat bisa didapatkan maka dalam mengumpulkan data memerlukan instrument penelitian, diantaranya adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Pada penelitian ini, penulis mempergunakan teknik triangulasi dan pengamatan yang tekun untuk melakukan pengujian kredibilitas datanya. Adapun penganalisisan data menggunakan teknik dari Miles & Hubermen yakni mereduksi data, mendisplay data, dan memverifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembina karakter di SD Negeri 127 Palembang dengan mengajarkan nilai-nilai moral dan etika yang ada di dalam Islam dimana siswa diberikan kesempatan untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya menghafal dan mengulangi apa yang diajarkan. Dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa kesulitan yang dihadapi oleh pihak sekolah terutama oleh guru PAI dan Budi Pekerti yakni sulit dalam membuat modul ajar dan minimnya komunikasi dengan kepala sekolah maupun orang tua siswa. Meskipun demikian, pengimplementasian kurikulum merdeka ini memiliki dampak positif terhadap karakter siswa dimana salah satu dampaknya ialah pembentukan karakter yang kuat pada siswa dimana siswa bisa memahami, menginternalisasi, dan mengamplikasikan nilai-nilai tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Hal ini membantu mereka dalam mengembangkan kepribadian yang positif dan bertanggung jawab. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pembinaan Karakter, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembinaan Karakter, Peserta Didik
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > 86130 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: DEWI NURJANAH 2030211019
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:05
Last Modified: 26 Aug 2024 02:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40440

Actions (login required)

View Item View Item