STRATEGI PUBLIC RELATION PT. POS INDONESIA (PERSERO) DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA (STUDI PT. POS JALAN MERDEKA PALEMBANG)

IRA NURMANIAR, IRA (2024) STRATEGI PUBLIC RELATION PT. POS INDONESIA (PERSERO) DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA (STUDI PT. POS JALAN MERDEKA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER SKRIPSI IRA NURMANIAR.pdf

Download (107kB)
[img] Text
ABSTRAK IRA NURMANIAR.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB 1-5 SKRIPSI IRA NURMANIAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA IRA NURMANIAR.pdf

Download (736kB)

Abstract

Public relations atau humas memegang peranan penting dalam sebuah Perusahaan, yaitu membangun hubungan dengan Lembaga atau Perusahaan dengan public atau pihak-pihak yang berkepentingan yang ada didalamnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menciptakan hubungan baik dari Perusahaan kepada Masyarakat, serta mempertahankan Perusahaan agar tetap terus eksis. Berdirinya PT. Pos Indonesia ditengah-tengah persaingan dengan Perusahaan swasta menjadi hal terberat yang dialami oleh pihak Pos Indonesia. Perubahan kondisi tersebut menimbulkan ken dala pada masyarakat yang belum mengetahui produk-produk terbaru yang ada di Pos Indonesia yang lebih unggul dari Perusahaan swasta. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi public relation sebagai fasilitator komunikasi dan pemecah masalah, untuk membangun citra yang telah dimiliki sebelumnya oleh PT. Pos Indonesia (Persero). Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu strategi public relation menurut Ronald D.Smith, menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang menggambarkan objek penelitian sesuai kenyataan. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, dokumentasi dan studi Pustaka yang kemudian dimasukan kedalam Teknik analisis data deskriptif yang memberikan gambaran umum tentang data yang diperoleh. PT. Pos Indonesia menggunakan berbagai macam strategi untuk mempertahakan eksistensinya. Hasil penelitian yang penulis temukan menunjukan bahwa strategi public relation PT. Pos Indonesia (Persero) dalam mempertahankan eksistensinya yaitu menggunakan Strategi komunikasi secara langsung seperti meningkatkan pelayanan dengan menjalankan salah satu SOP (Standar Operasional Prosedur) yaitu 3S (Senyum, Sapa, Salam), membangun good relationship dengan para stakeholder, promosi dan sosialisasi. Peran public relation PT. Pos Indonesia dalam Perusahaan yaitu sebagai communicator, fasilitator dan Stabilisator Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Public relation, PT. Pos Indonesia, Strategi
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: IRA NURMANIAR 2020501126
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:13
Last Modified: 27 Aug 2024 07:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/40531

Actions (login required)

View Item View Item