STRATEGI BAURAN PEMASARAN TOKO HAND MADE STOREEYB DALAM PERSEPKTIF EKONOMI ISLAM

WINDYA SARI, BUNGA (2025) STRATEGI BAURAN PEMASARAN TOKO HAND MADE STOREEYB DALAM PERSEPKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (154kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

Perkembangan usaha Hand Made yang terus menerus melaju meningkat karena eskalasi perekonomian dan pertumbuhan teknologi yang terus melaju cepat, mengharuskan bagi pelaku usaha untuk terus melakukan inovasi dalam membangun usahanya yakni untuk mempertahankan posisi kompetitif yang lebih unggul dari pelaku usaha pesaingnya. Dalam meningkatkan daya saing, setiap pelaku usaha diharapkan untuk dapat membuat serta menerapkan strategi pemasaran yang benar sesuai dengan keadaan pasar. Pemahaman tentang bauran pemasaran yang baik dalam usaha pelaksanaan kegiatan pemasaran secara intensive menjadi faktor penting yang harus dipahami perusahaan dalam usaha meningkatkan volume penjualannya yang condong menurun dan lain-lain. Penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research), data-data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui editing dan sistematis data. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik analisa data yang bersifat deskriptif-kualitatif, yaitu mendeskripsikan data yang diperoleh melalui instrumen penelitian. Hasil penelitan yang dilakukan Toko Hand Made Storeeyb yaitu dari segi produk berupa kerajinan tangan atau Hand Made seperti buket, akrilik, bingkai, box dan lain-lain. Dari harga yang cukup terjangkau, memiliki berbagai macam harga dan memiliki harga yang relatif murah. Dari segi distribusi yaitu membuka toko dan pada saat ini sudah mendistribusikannya ke beberapa kabupaten lain yaitu Banyuasin, Ogan Ilir, Prabumulih secara online diantar melalui jasa travel mobil. Dari segi promosi yang saat ini sudah melakukan periklanan dengan cara Endorsment pada selebgram. Promosi penjualan langsung dengan membuat contoh barang di toko, dan penjualan langsung dilakukan secara online melalui media sosial Whatsapp dan Instagram. Menurut persfektif ekonomi Islam dari segi produk selalu besikap jujur dan mengedepankan kualiatas produk. Dari segi harga menetapakan harga belum sesuai yaitu penetapan harga relatif murah. Kemudian dari tempat/saluran distribusi yaitu memberikan rasa nyaman, namun akses yang cukup sulit dijangkau oleh para konsumen berada pada lingkup perumahan. Dan dari segi promosi selalu menekankan pada etika dalam bisnis, tidak melakukan curang, tidak menjual produk yang diharamkan oleh agama, tidak pernah memaksa konsumen untuk membeli produknya, tidak menjelekkan bisnis orang lain dalam memasarkan produknya. Tantangan dan kendala yaitu adanya persaingan atau bauran pemasaran belum tepat yang menjadi faktor penurunan penjualan. Dan dalam segi produk masih berfokus pada kerajinan tangan buket, akrilik, bingkai dan kebanyakan produk yang sama dengan toko sejenis. Dari segi harga yang relatif murah pada pasar. Adapun lokasi dan distribusi yang belum tepat. Dan cara memasarkannya belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Bunga windya sari 2020602163
Date Deposited: 08 May 2025 07:36
Last Modified: 08 May 2025 07:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46179

Actions (login required)

View Item View Item