Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan Kota Palembang (SISKA) Menggunakan Metode Servqual

Ramadhani, Aulia Rizki (2025) Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan Kota Palembang (SISKA) Menggunakan Metode Servqual. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Ketenagakerjaan Kota Palembang telah berinovasi dengan mengembangkan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SISKA) untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi terkait ketenagakerjaan. Namun, sistem ini masih menghadapi kendala seperti layanan yang tidak dapat melakukan pengajuan online, kecuali pada layanan pembuatan kartu AK1, sementara layanan lainnya harus datang langsung membawa berkas ke Disnaker serta informasi lowongan kerja yang tidak diperbarui dengan akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas layanan SISKA menggunakan metode Servqual berdasarkan lima dimensi yaitu, Tangibles, Reliability, Assurance, Responsiveness, Emphaty. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara yang melibatkan staf administrasi dan kepala bidang informasi pasar kerja. Data dianalisis dengan menggunakan perangkat lunak SPSS dan Microsoft Excel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kesenjangan (GAP) pada layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan bernilai negatif (<0) yaitu sebesar -0,53 dengan dimensi kesenjangan tertinggi pada Reliability (-0,63), Tangibles (-0,53) Assurance dan Empathy (-0,52), dan Responsiveness memiliki kesenjangan terkecil (-0,47). Nilai ini mengindikasikan bahwa kualitas layanan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (SISKA) belum efektif dan masih memerlukan berbagai perbaikan untuk memenuhi ekspektasi pengguna dengan fokus utama perbaikan pada Reliability (Keandalan) yang berkaitan dengan kemampuan sistem dalam memberikan layanan yang konsisten dan akurat, termasuk pembaruan informasi lowongan kerja. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang dalam menilai dan meningkatkan kualitas layanan SISKA.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 57201 - Sistem Informasi
Depositing User: AULIA RIZKI 2030803115
Date Deposited: 20 May 2025 07:36
Last Modified: 20 May 2025 07:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46358

Actions (login required)

View Item View Item