STRATEGI DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG DALAM BRANDING VIRTUAL TOUR PALEMBANG 360

Fitria, Natasya (2025) STRATEGI DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG DALAM BRANDING VIRTUAL TOUR PALEMBANG 360. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover skripsi.pdf

Download (43kB)
[img] Text
ABSTRAK (repository).pdf

Download (14kB)
[img] Text
Bab_1_(repository).pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text
Bab_2_(repository).pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
Bab_3_(repository).pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
BAB IV (Repository).pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text
Bab_5_(repository).pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
Daftar_pustaka_(repository).pdf

Download (198kB)

Abstract

Kota Palembang merupakan Kota tertua di Indonesia dengan usia 1382 tahun yang memiliki banyak nilai jual dalam dunia pariwisata. Untuk meningkatkan promosi destinasi wisata, Dinas Parisiwata Kota Palembang mengambil langka dengan memanfaatkan virtual tour. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi branding virtual tour Palembang 360. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Perencanaan Komunikasi oleh Charles Berger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi branding memanfaatkan teknologi digital sebagai inovasi pariwisata dengan pemilihan pesan branding melalui fitur menarik seperti virtual guide, video 360 dan virtual reality. Pemanfaatan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan YouTube juga menjangkau audiens yang lebih luas. Branding diperkuat dengan implementasi virtual tour ke dalam website Charming Palembang dengan penempatan pada halaman utama. Selain itu, strategi konvensional seperti expo dan event pariwisata menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) menggunakan kacamata Oculus untuk meningkatkan pengalaman pengunjung. Hambatan dari branding virtual tour ini yaitu kurangnya sumber daya manusia dalam pengelolaan media sosial dan kurangnya anggaran yang menyebabkan terhambatnya pengembangan pada virtual tour ini. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Branding, Virtual tour

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Natasya Fitria 2120701073
Date Deposited: 03 Jun 2025 07:27
Last Modified: 03 Jun 2025 07:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/46951

Actions (login required)

View Item View Item