Hasnarita, Hasnarita (2019) PERAN KOMITE DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PALEMBANG (2017). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Raden Fatah.
|
Text
LAM buk Hasna.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 Buk Hasna.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2 Buk Hasna.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5 Buk Hasna.pdf Download (639kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis ini berjudul “Peran Komite Dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Pelibatan Komite Sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di MTs Negeri 1 Palembang belum optimal, pendapat dari beberapa orang tua siswa/masyarakat yang beranggapan bahwa fungsi Komite Sekolah tidak jauh beda dengan apa yang dilakukan oleh BP3 yang tidak berhasil memobilisasi partisipasi dan tanggung jawab masyarakat. Adapun rumusan masalah bagaimana peran Komite Sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di MTs Negeri 1 Palembang? dan bagaimana dampak peran Komite Sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di MTs Negeri 1 Palembang?. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer (kepala sekolah, ketua komite, wakil ketua komite, sekertaris, bendahara, anggota) dan sumber data sekunder yakni semua dokumen dan data yang mendukung. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif reduksi data, display data, verification data dan triangulasi data. Peranan Komite Sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di MTs Negeri 1 Palembang: Dukungan yang diberikan oleh komite Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam bentuk finansial, pemikiran dan tenaga. Sebagai pemberi pertimbangan diwujudkan dalam pemberian masukan proses pengelolaan pendidikan, proses pembelajaran, penyediaan dan penggunaan sarana dan prasarana, penggunaan dan pemanfaatan anggaran atau dana sekolah. Komite MTs N 1 Palembang juga mengadakan pengawasan pada pelaksanaan bimbingan belajar (kelas tambahan) khususnya pada kelas IX. Peran komite sebagai mediator sejauh ini wujudnya berupa penghubung antara kepala sekolah dengan masyarakat, kepala sekolah dengan dewan pendidikan serta kepala sekolah dengan sekolah itu sendiri. Dampak peran Komite Madrasah dalam penyelenggaraan pendidikan di MTs Negeri 1 Palembang positif pada bidang dukungan, pengawasan dan mediator. Dampak peran Komite Madrasah dalam penyelenggaraan pendidikan di MTs Negeri 1 Palembang belum maksimal pada keempat perannya, mengingat belum semua sub aspke peran dilaksanakan, hal ini tentu saja di sebabkan oleh banyak faktor salah satunya adalah komite belum sepenuhnya paham akan tugas pokok dan fungsi komite itu sendiri. xvi ابستراك تعٍط اًٌْ تسجدٗه "ـساُ قٍَتً داىٌ ـٍيْؽؽازائِ ـْدٌدامِ دي ٍدزظح ثْاٌّٗح ّؽسي ١ ـيَثْػ". ـْيٍتٍاُ اًٌْ دٌيتاز تالماؼً اٗىخ ـالتتاُ قٍَتً ظٍقاىٔ داىٌ ـٍيْؽؽازائِ ـْدٌدامِ دي ٍدزظح ثْاٌّٗح ّؽسي ١ ـيَثْػ تاىسً اٗـتَاه، ـْداـاخ دازي تثساـا اٗزاّػ ت٘ا ظٍع٘ا/ٍعٍٍازاماخ تساّ تٖ٘ا ـْؽعً قٍَتً ظٍقاىٔ تٍداك جاٗآ تادا دّؽأُ أاـا ٌْػ دٌين٘ماُ اٗىٔ تٍفً تٍؽا ٌْػ ّؽ ٌاّػ فاُ تاّ جاٗاب ٍعٍٍازاماخ. اداـُ٘ زٍٗ٘ظاُ ّؽ تٍداك تسٕاظٍو ٍَ٘تٍيٍعاظً ـستٍعٍفاظً داُ ْػ ٍاظاىٔ:تاؼٍَاّا ـازاُ قٍَتً ظٍقاىٔ داىٌ ـٍيْؽؽازائِ ـْدٌدٌناُ دي ٍدزظح ثْاٌّٗح ّؽسي ١ ـيَثْػ؟ .تاؼٍَاّا داٍفاك ـازاُ قٍَتً ظٍقاىٔ داىٌ ـٍيْؽؽازائِ ـْدٌدٌناُ دي ٍدزظح ثْاٌّٗح ّؽسي ١ ـيَثْػ ظٍ٘ثاز داتا ـدا ـٍْيٍتٍاُ اًّ تسدٌسي دازي داتا ـسٌَاز )مفاال ظٍقاىٔ، مت٘ٗا قٍَتً، ٗامٍو مت٘ٗا قٍَتً، ظٍنستازٌط، تْدإازا،اّ ّؽ٘تا( داُ ظَثاز داتا ظٍنّ٘دٌس ٌنًْ ظَ٘ٗا دٗمٍٍِ٘ .داُ داتا ٌْػ ٍْدٗمْػ اداـُ٘ تنٍْل ـْؽأٍف٘الُ داتاٌْػ دٌؽّ٘اماُ ٌاأٌت٘ اٗتعٍسـاظً، دٗمٍٍِ٘ اتاظً داُ ٗاٗاّجازا. تنٍْل اّاىٍعٍط داتا اداىٔ دٌعٍنسؾ تؿ م٘اىٍتاتٍؿ:زٌدٗمعً داتا، دٌعفٍيى داتا، .ـٍسٌفٍناظٍٍِّ داتا داُ تٍسٌّأّػ اٗالظً داتا :ـازاّاُ قٍَتً ظٍقاىٔ داىٌ داىٌ ـٍيْؽؽازائِ ـْدٌدامِ دي ٍدزظح ثْاٌّٗح ّؽسي ١ ـيَثْػ دٗمّ٘ؽأُ ٌْػ دٌثازٌناُ اٗىٔ قٍَتً ٍدزاظح داىٌ ٍْؽنتناُ ٍ٘ت٘ ـْدٌدٌناُ دىٌ تْت٘ك ـْْعٍاه، ـَتنٍساُ داُ تٍْاؼا. ظٍثاؼاي ـَثازي ـستَثْؽأُ دٗج٘دماُ داىٌ ـَثسٌأُ ٍع٘ماُ ـساظٍط ـْؽعً ى٘الأُ ـْدٌدٌناُ، ـسٗظٍط ـَثٍيٍجازاُ، ـٍٍٍدٌاأُ داُ ـْ ّؽْاأُ ظساّا داُ ـازا ظساّا، ـْ ّؽْاأُ داُ ـٍَْفأتاُ اّ ّؽازاُ أات٘ داّا ظٍقاىٔ. قٍَتً ج٘ؼا ٍْؽعداماُ ـْؽعاٗاظاُ ـادا ـٍينعْاأُ تَثٍعاُ تٍالجاز )ماىط تَثإاُ( مع٘ظٍا ـادا مٍالض ٩ .ـساُ قٍَتً ظثاؼً ٍدٌّت٘زظج٘ٓ اًٌْ ٗٗدٌا تسٗـا ـْؽٖ٘تّ٘ػ اّتازا مفاال ٍدزاظح دّؽأُ ٍعٍازاماخ، دٌ٘اُ ـْدٌدٌناُ. داٍفاك تاىً٘ ٍنعٍَاه ـادا اٍفاخ ـازاُ،ٍْؽعْؽاأخ تاىً٘ ظَ٘ٗا ظ٘ب اظفٍل ـازاُ دٌينعْاماُ، ٕاه اًٌْ تْت٘ ظاجا دي ظثثناُ اٗىٔ تٍْل ـنت٘ز ظاىٔ ظتٌ٘ا اداىٔ قٍَتً تاىٌ ظفْٔ ٌا ـإٌ اماُ .ت٘ؼاض ـ٘م٘ك داُ ـْػ ظً قٍَتً اٌت٘ ظْدٌسي
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 30 Dec 2019 05:00 |
Last Modified: | 30 Dec 2019 05:00 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5314 |
Actions (login required)
View Item |