SUPERVISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI MTs SUBULUSSALAM KELURAHAN PAKU KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR)

MUAZNI, MUAZNI (2015) SUPERVISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI MTs SUBULUSSALAM KELURAHAN PAKU KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan Tesis.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUAZNI NIM. 100103107 Tesis ini berjudul SUPERVISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus di MTs Subulussalam Kelurahan Paku Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir). Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan hasil supervisi oleh kepala sekolah guna meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dan mengembangkan sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan, pemantauan dan penilaian guru oleh supervisor baik dengan teknik individu maupun kelompok, sebagai bagian integral dari kegiatan supervisi akademik Guru Pendidikan Agama Islam, pendekatan apa saja yang digunakan, dan pembinaan profesionalisme guru PAI dalam aktifitas dan pelayanan pendidikan. Dengan tujuan memperoleh informasi bagaimana kepala sekolah sebagai supervisor dalam melakukan pembinaan, pemantauan dan penilaian guru PAI dari kegiatan supervisi akademik, pendekatan apa saja yang digunakan, dan bagaimana membina profesionalisme guru PAI dalam aktifitas dan pelayanan pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah phenomenalogy reseach yaitu gejala yang timbul dalam proses pelaksanaan selama penelitian berlangsung yang datanya diambil baik melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, lalu digeneralisasi dan dijadikan data untuk dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan langkah reduktif, dan display data, serta verifikasi dan penegasan kesimpulan. Dalam menganalisis keabsahan data peneliti menggunakan pendekatan triangulasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan pelaksanaan kepala sekolah sebagai supervisor dalam Pembinaan, pemantauan dan penilaian guru oleh supervisor baik dengan teknik individu maupun kelompok, sebagai bagian integral dari kegiatan supervisi akademik Guru Pendidikan Agama Islam dilaksanakan dengan kunjungan kelas, pertemuan pribadi dan rapat staf serta teknik lain sesuai dengan kebutuhan. Pendekatan yang digunakan dalam melaksanakan supervisi akademik guru Pendidikan Agama Islam adalah pendekatan langsung, tidak langsung dan kolaboratif. Kepala sekolah berupaya meminimkan dominasi peran pengawas dalam pelaksanaan supervisi akademik dengan lebih mengedepankan pendekatan kolaboratif. Pelaksanaan supervisi dalam membina profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam dalam aktifitas dan pelayanan pendidikan dilakukan dengan memberikan bimbingan kepada guru Pendidikan Agama Islam agar mampu meningkatkan kualitas kinerjanya dalam melaksanakan tugas dan melaksanakan proses pembelajaran, yaitu dengan meningkatkan mutu kinerja guru, melalui Diklat Guru PAI/MGMP PAI, melakukan monitoring saat pembelajaran dan mendiskusikan hasilnya serta saling memberikan masukan, mengembangkan pengetahuan dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, penerapan masalah metode dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM (S2) TH. 2015
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 20 Jan 2020 04:17
Last Modified: 20 Jan 2020 04:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/5884

Actions (login required)

View Item View Item