OCTARIA, WINDA (2019) KORELASI KETERAMPILAN MENGAJAR GURU BAHASA ARAB DAN KETERAMPILAN MEMBACA NYARING SISWA KELAS VII DI MTSN 2 MODEL PALEMBANG علاقة بين مهارة تدريس معلم اللغة العربية و مهارة قراءة جهرية التلاميذ في الفصل السابع بالددرسة الاانوية الحكومية الاانية بالدبانج. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB 1.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (248kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya keterampilan guru dalam mengajar khususnya dalam pembelajaran keterampilan membaca, yang mana pelajaran keterampilan membaca yang digunakan adalah membaca nyaring (qira’ah jahriyah) yang sering diterapkan oleh guru bahasa Arab, gunanya untuk melatih siswa agar membaca aktif dan kreatif dan melatif kepercayaan diri siswa dalam membaca teks bahasa Arab. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan mengajar guru bahasa Arab (0) keterampilan membaca nyaring siswa (3) korelasi keterampilam mengajar guru bahasa Arab dan keterampilan membaca siswa kelas VII di MTs N 0 Palembang. Pendekatan dan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif dan metode survei. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu keterampilan mengajar guru bahasa Arab di MTs N 0 Palembang berada pada nilai rata-rata 025504 oleh 32 siswa dengan kategori tinggi. Hasil dari kategori ini menunjukkan bahwa guru memiliki keterampilan mengajar yang baik dalam mengajar bahasa Arab, yaitu guru mampu membuka pembelajaran dengan baik seperti memberi salam, menanyakan kabar, menyiapkan buku pelajaran, alat tulis yang diperlukan serta mengabsensi siswa. Keterampilan membaca nyaring siswa di kelas VII MTs N 0 Palembang berada pada nilai rata-rata 36503 % oleh 05 siswa dengan kategori tinggi. Dalam artian bahwa sebagian besar siswa dapat membaca teks-teks bahasa Arab dengan baik dan mereka mampu memahami makna bacaan. Menunjukkan bahwa hasil perhitungan Regresi sederhana atau hipotesis yang didapat yaitu terdapat korelasi yang signifikan antara keterampilan mengajar guru bahasa Arab dan keterampilan membaca nyaring siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan di atas, dimana angka probabilitas sebesar 2522 & 2522 < 2525. Maka hal ini Ho ditolak dan Ha diterima. Hubungan (korelasi) antara keterampilan mengajar guru bahasa Arab dan keterampilan membaca nyaring siswa di MTs N 0 Palembang sangat kuat positif; nilai r sebesar 25330. Positif artinya searah, maksudnya semakin tinggi keterampilan membaca siswa maka semakin baik keterampilan mengajar guru bahasa Arab, begitu juga sebaliknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | korelasi keterampilan mengajar guru bahasa arab keterampilan membaca nyaring siswa |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 04:31 |
Last Modified: | 04 Feb 2020 04:31 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/6183 |
Actions (login required)
View Item |