ALIFAH, VITRI NUR (2020) PENGEMBANGAN KITAB AL-IMRITI DALAM PEMBELAJARAN NAHWU BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL UNTUK SISWA MADRASAH ALIYAH POBNPES ITTIHAADUL ULUM LUBUK LINGGAU. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
2_BAB 1 SEKRIPSI.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
6_BAB 5 & DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) | Preview |
Abstract
Sebuah pembelajaran yang efektif harus memiliki acuan sumber belajar, penyediaan bahan ajar Nahwu yang baik dan sesuai dengan kondisi siswa sangatlah langka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk mengatasi adanya kesenjangan kondisi ideal dan kondisi real dilapangan khususnya masalah pada pembelajaran Nahwu yang baik. Kitab Al-‘Imriti merupakan salah satu buku yang memjelaskan tentang Nahwu yang didalam terdapat ٢٥٤ nadhom dengan penjelasan yang berbeda-beda, guru menggunakan kitab tersebut sebagai acuan dalam pembelajaran Nahwu, siswa dituntut agar mampu untuk menghafal semua nadhom yang berada dalam ‘Imriti akan tetapi siswa-siswa tersebut masih banyak yang belum mengetahui ataupun memahami pembelajaran Nahwu yang telah mereka hafalkan. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini sebagai upaya menjadikan sumber belajar yang mampu membantu memudahkan untuk memahami para pembacanya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan Ajar Nahwu untuk kelas XI MA yang sesuai dan layak untuk siswa tersebut dilihat dari hasil validasi materi, validasi media, respon guru dan siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan. desain penelitian menggunakan desain Research and Development R&D atau penelitian pengembangan dengan tahapan terdiri dari: (١) potensi dan masalah (٢) pengumpulan data (٣) desain produk (٤) validasi desain (٥) revisi desai (٦) uji coba pemakaian. Hasil penelitian ini yaitu penilaian ahli materi terhadap kelayakan bahan ajar yang dikembangkan, dari aspek isi/materi skor ٩٠% dan aspek pembelajaran skor ٨٨% yang menunjukan sangat baik dan ahli media daari aspek tampilan ٧٢,٥% dan aspek penggunaan skor ٦٦,٧% yang menunjukan baik. Berdasarkan hasil uji coba pada kelas kontrol skor ٧٥,٥% dan pada kelas Eksperimen skor ٨٥,٥% . berdasarkan hasil analisis dengan SPSS ٢٢ diperoleh nilai Sig.(٢-tailed) sebesar ٠,٠٠٠ < ٠,٠٥ maka sesuai uji coba pengambil keputusan dalam uji T Test maka bahan ajar berpengaruh dalam proses pembelajaran serta bahan ajar tersebut sangat membantu siswa dalam memahami.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kitab Al-‘Imriti HOTS |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 03:00 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 03:00 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8104 |
Actions (login required)
View Item |