PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 140 PALEMBANG

INDAHWATI, NUR (2021) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS INKUIRI MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 140 PALEMBANG. Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (663kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan perencanaan desain bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik berbasis inkuiri mata pelajaran IPA subtema 1 tema 3 kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, (2) menguji bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Inkuiri Mata pelajaran IPA Subtema 1 Tema 3 kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang valid, (3) menguji bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik berbasis inkuiri mata pelajaran IPA subtema 1 Tema 3 kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah yang praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan dengan model yang dikembangkan oleh Tessmer bernama evaluasi formatif (formative evaluation) yang terdiri dari 5 tahap yaitu: self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test. Pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi angket. Uji validitas data menggunakan angket pada tahap expert review dan oneto-one, uji kepraktisan data menggunakan angket pada tahap small group. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 140 Palembang dengan jumlah 9 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perencanaan desain bahan ajar Lembar Kerja Peserta Didik berbasis inkuiri mata pelajaran IPA subtema 1 tema 3 kelas V Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah dapat digunakan untuk di uji validitasnya yang dilaksanakan melalui tahap expert review dan oneto-one. Hal ini ditunjukkan dengan hasil penilaian pada tahap self evaluation berupa komentar dan saran yang digunakan untuk merevisi Lembar Kerja Peserta Didik untuk dijadikan prototype I sehingga dapat di uji validitasnya pada tahap berikutnya, (2) penilaian hasil angket validasi yang dilakukan pada tahap expert review dengan skor 89,58 dan one-to-one dengan skor 86,66, sehingga dihasilkan rata-rata sebesar 88,12 dan dikategorikan sangat valid, dan (3) penilaian hasil angket kepraktisan yang dilakukan pada tahap small group berupa skor dengan rata-rata sebesar 88,03 sehingga dikategorikan sangat praktis. Kata-kata kunci: bahan ajar, lembar kerja peserta didik, inkuiri, IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? LB1501 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:12
Last Modified: 05 Mar 2021 04:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8401

Actions (login required)

View Item View Item