Sumiyati, - (2020) FENOMENA SELFIE DI MEDIA SOSIAL SEBAGAI WUJUD PROYEKSI IDENTITAS DIRI : Studi Analisis Pada Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang.--. Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
|
Text
5.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
kover.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Fenomena Selfie Di Media Sosial Sebagai Wujud Proyeksi Identitasi Diri ( Studi Analisis Pada Mahasiswi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran fenomena selfie mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, mengkaji faktor penyebab selfie pada mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang, untuk mengetahui proyeksi identitas diri melalui selfie mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 4(empat) orang mahasisiwi dari berbagai jurusan di Fakutas Dakwah dan Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verivikasi atau pengambilan kesimpulan akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) yaitu dari ke empat subyek ini mereka memiliki kebiasaan yang sama yaitu sangat suka dalam berselfie, dalam sehari mereka bisa melakukan selfie berulang-ulang. Ke empat subyek ini juga sering mengupload foto selfie nya ke media sosial. Dalam selfie nya mereka memiliki fose/gaya yang berbeda beda seperti menggunakan fose/gaya di depan cermin, duckface,dan juga lebih memilih selfie dengan latar belakang yang bagus. Ke empat subyek ini suka melakukan selfienya dengan mendatangi tempat-tempat yang indah untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dan dalam melakukan selfie nya mereka menggunakan alat pendukung selfie seperti iphonestand,fisheye,lampu meja dan lainlain, (2) teknologi yang mendukung, teknologi yaitu salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang ketika melangsungkan selfie dan mempostingnya di media sosial, mengebadikan sebuah momen karena setiap momen yang ada tidak akan pernah terulang kembali jadi setiap momen harus selalu diabadikan. Untuk mendapatkan perhatian dari orang sebanyak mungkin dan mengharapkan lebih banyak” likes ” dan komentar dari teman-teman agar bisa mendapatkan pujian dari setiap foto selfie yang diunggahnya. Karena media sosial itu menyenangkan. Untuk mendapatkan perhatian orang tertentu, dari ke empat subyek mereka melakukan selfie agar terlihat update,trend dan tidak ketinggalan zaman. Ke empat subyek ini dalam melakukan selfie nya ingin di akui dalam keberadaannya. Mereka melakukan selfie untuk meningkatkan motivasi seperti mengisi kekosongan waktu dan mengekspresikan diri melalui selfie. Kata kunci: selfie, Proyeksi Diri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 07 Apr 2021 01:41 |
Last Modified: | 07 Apr 2021 01:41 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8556 |
Actions (login required)
View Item |