POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG

MUTIA, RAHMADINI (2019) POLA KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER i SAMPAI KATA PENGANTAR.pdf

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Komunikasi dalam suatu organisasi sangat diperlukan. Karena organisasi tanpa melakukan komunikasi dengan baik, maka tidak akan tercapai tujuan bersama. Dengan hal tersebut, diperlukan pola komunikasi yang efektif dan efesien. Komunikasi tidak hanya melalui lisan, tetapi dapat juga dilakukan melalui tulisan. Berdasarkan konteks di atas, maka tujuan tulisan ini adalah menjawab pertanyaan bagaimana Pola Komunikasi Organisasi dalam Pengembangan Prodi Ilmu Komunikasi di FISIP UIN Raden Fatah Palembang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori informasi organisasi dari Karl Weick. Tahapan penelitian ini, menggunakan observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya adalah data primer dan data sekunder. Validitas data menggunakan triangulasi sumber yaitu membandingkan atau mengecek ulang derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh dari sumber yang berbeda. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan adalah informasi organisasi. Pola adalah bentuk (struktur) yang tepat. Komunikasi adalah pesan yang disampaikan dari komunikator kepada komunikan melalui lisan atau tulisan kemudian terjadinya feedback. Organisasi adalah sejumlah individu yang diorganisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Pola komunikasi organisasi yang digunakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi adalah pola bintang. Komunikasi yang dilakukan tidak hanya pekerjaan, tetapi kedekatan diluar jam kerja pun mereka lakukan. Media yang digunakan adalah whatsapp, e-mail, instagram, telepon, maupun secara langsung. Hambatan yang terjadi adalah kurangnya karyawan dalam mengupdate informasi melalui media online, bahasa, dan jarak. Komunikasi sesama karyawan pun sangat terbuka dan terjalin hubungan yang baik. Komunikasi yang terjadi sangat positif. Seluruh stakeholder di Prodi Ilmu Komunikasi FISIP UIN Raden Fatah sangat terbuka dengan Staff, Dosen Maupun Mahasiswa dalam berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 70201 - Ilmu Komunikasi
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Jul 2021 02:25
Last Modified: 29 Jul 2021 02:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9388

Actions (login required)

View Item View Item