PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) AN-NURIYAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN

ROHMA, ADESTI (2014) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBIASAAN SHALAT DHUHA DI Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) AN-NURIYAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (67kB)
[img] Text
BAB II pren lah.docx

Download (92kB)
[img] Text
BAB III baik Pern.docx

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV baik Pern.docx

Download (86kB)
[img] Text
BAB V baik pren.docx

Download (23kB)

Abstract

halat Dhuha dapat menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Peserta didik karena didalam Shalat Dhuha terkandung keutamaan atau manfaat bagi yang melaksanakan Shalat Dhuha, adapun nilai-nilai pendidikan agama islam yang terkandung didalam Shalat Dhuha adalah ekspresi rasa syukur kepada Allah SWT, penghantar kita mendapat rahmat dan nikmat Allah SWT, menjadi penangkal kita dari siksa api neraka, Shalat Dhuha berbuah syurga, memperoleh keuntungan yang besar. Dari hasil observasi penulis di lokasi penelitian tanggal 6 Mei 2013 menunjukkan pelaksanaan Shalat Dhuha sudah dilaksanakan dari awal berdirinya sekolah dan diterapkan 5 kali dalam seminggu, shalat dhuha betul-betul dilaksanakan secara rutin dan biasa dikerjakan oleh peserta didik dan guru di SDIT An-Nuriyah.     Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya guru dalam menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Shalat Dhuha di SDIT An-Nuriyah, mengetahui pelaksanaan Metode Pembiasaan Shalat Dhuha pada siswa di SDIT An-Nuriyah, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam melalui Metode Pembiasaan Shalat Dhuha pada siswa di SDIT An-Nuriyah. Adapun teknik pengumpulan data, wawancara dengan 2 Orang guru pendidikan agama islam, I Orang guru Peraktek ibadah, pendapat dari kepala, dan sampel 43 siswa untuk memperoleh data tersebut penulis, mengunakan metode observasi, metode dokumentasi, metode wawancara dan penyebaran angket. Untuk menganalisis data digunakan metode kualitatif deskriftif yaitu menuturkan dan menafsirkan data yang ada sehingga membuat data yang ada menjadi berarti. Setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa Upaya guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam pada Shalat Dhuha meliputi: menjelaskan keutaman dan manfaat Shalat Dhuha, memberikan tugas hafalan do’a-do’a shalat Dhuha, meminta anak didik mempraktekkan shalat Dhuha dengan baik dan benar, memberi pujian jika siswa mampu mempraktekkan dan menghafal do’a shalat Dhuha secara benar, Menasehati siswa untuk rajin melaksanakan shalat Dhuha.     Menyediakan perlengkapan shalat Dhuha. Pelaksanaan Metode Pembiasaan Shalat Dhuha pada siswa berupa: membiasakan siswa mengetahui keutamaan, langkah-langkah, serta manfaat dan hikmah dari pelaksanaan pembiasaan shalat dhuha, membiasakan siswa melaksanakan shalat dhuha berjama’ah, siswa aktif, disiplin dan tepat waktu dalam melaksanakan shalat dhuha sesuai jadwal sekolah. faktor pendukung interen (Siswa yang senang dan bersemangat melaksanakan shalat dhuha, siswa yang tekun menyimak secara seksama ketika guru menyampaikan materi hafalan, siswa yang bertanya ketika mengalami kesulitan pada hafalan serta siswa dapat mempraktekkan dan melafalkan seluruh gerakan shalat dhuha). faktor pendukung eksteren (Motivasi dari teman, Tauladan dari guru, Perhatian dan Motivasi dari guru, perlengkap shalat yang lengkap, adanya kerja sama guru dan orang tua siswa). faktor penghambat interen (Adanya siswa yang hiperaktif dan malas melaksakan shalat dhuha), faktor penghambat eksteren adanya guru umum yang kurang berpartisifasi dalam pelaksanaan shalat dhuha.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:16
Last Modified: 28 Sep 2021 01:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13212

Actions (login required)

View Item View Item