“ UPAYA GURU DALAM MEMBELAJARKAN ILMU TAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL-FURQON PALEMBANG”

AHMADI, AHMADI (2011) “ UPAYA GURU DALAM MEMBELAJARKAN ILMU TAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) AL-FURQON PALEMBANG”. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB II Ahmadi.rtf

Download (237kB)
[img] Text
BAB III Ahmadi.rtf

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV Ahmadi.rtf

Download (163kB)
[img] Text
BAB V Ahmadi.rtf

Download (24kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang bernilai mu’jizat yang diturunkan kepada pungkasan para nabi dan rasul, dengan perantaraan malaikat Jibril AS, yang tetulis pada mashahif, diriwayatkan dengan mutawatir, membacanya terhitung ibadah, diawali dengan surah Al-Faatihah dan di tutup dengan surah An-Naas. Al-Qur’an sampai saat ini terjaga keasliannya, bahkan telah dijamin oleh Allah SWT, tetapi walaupun sudah ada jaminan tersebut bukan berarti umat Islam tidak ada kepedulian untuk ikut menjaga keasliannya. Untuk menjaga keasliannya yaitu salah satunya dengan membacanya sesuai dengan apa yang diajarkan Rasulullah SAW karena bacaan Al-Qur’an itu bersifat tanqifi serta membacanya sesuai dengan kaidah Ilmu Tajwid. Adapun tujuan dari penelitian ini; untuk mendapatkan atau memperoleh keterangan tentang Upaya Guru dalam membelajaran Ilmu Tajwid dalam pembelajaran Al-Qur’an, serta faktor-faktor yang menjadi Penghambat dan Pendukung dalam Membelajarkan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an bagi Santri Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Furqon kelas IV, V dan VI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan (fiel research), dengan menggunakan pendekatan deskriptif dan menggunakan pengumpulan data dengan cara; dokumentasi, observasi dan wawancara. Adapun menganalisis data dari penelitian ini dengan menggunakan tahap; reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Adapun hasil penelitian ini antara lain ; (1) Upaya Guru dalam Membelajarkan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an bagi Santri di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Furqon adalah a. Dengan membuat modul PAI sendiri, b. Dengan membuat jadwal mengaji pada jadwal pelajaran santri, c. Dengan menggunakan media audio visual berupa kased CD dan DVD, d. Dengan menggunakan metode yang bervariasi. (2) Faktor Penghambat dan Pendukung dalam Membelajarkan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an yaitu; (a). Faktor Penghambat dalam membelajarkan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Quran yaitu karena waktu yang singkat yang diberikan sekolah kepada guru yang mengajar Ilmu Tajwid yaitu hanya persemesternya hanya satu pekan saja yang dibagi menjadi tiga kali pertemuan dan diajarkan dua jam setiap kali pertemuan untuk satu kelasnya. Selain itu, materi Ilmu Tajwid yang terlalu tinggi untuk siswa (santri) SD. (b). Faktor Pendukung dalam membelajarkan Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an yaitu karena sarana dan prasarana yang ada di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-furqon sangat mendukung dan membantu para guru untuk menunjang proses pembelajaran Ilmu Tajwid di sekolah dan ditambah lagi tenaga pengajar yang profesional yang rata-rata tenaga pengajarnya lulusan dari Universitas Islami dan hafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
?? Tafsir ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 04:23
Last Modified: 28 Sep 2021 04:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13665

Actions (login required)

View Item View Item