PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE DRILL DALAM MATA PELAJARAN BTQ DI KELAS V MIN 1 TELADAN PALEMBANG

QONIYYA, ABDI (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENERAPAN METODE DRILL DALAM MATA PELAJARAN BTQ DI KELAS V MIN 1 TELADAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.rtf

Download (616kB)
[img] Text
BAB 2.rtf

Download (165kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB 4.rtf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.rtf

Download (62kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci yang diwahyukan Allah SWT kepada para nabi dan rasul-Nya yang terakhir Muhammad saw melalui malaikat Jibril AS untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia sampai akhir zaman nanti. Dalam belajar baca tahfidz Al-Qur’an setiap siswa pasti memilki kesulitan tersendiri, oleh karena itu guru dituntut untuk dapat meningkatkan kemampuan baca tahfidz Al-Qur’an siswa diantaranya dengan menerapkan metode drill. Dalam penelitian ini rumusan masalah terbagi menjadi tiga yaitu, Bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode drill pada mata pelajaran baca tahfidz Al-Qur’an? Bagaimanakah perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode drill pada mata pelajaran baca tahfidz Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode drill, lalu perbedaan diantara keduanya. Sehingga dapat diketahui apakah metode drill benar-benar dapat meningkatkan baca tahfidz Al-Qur’an dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode drill yaitu siswa dilatih atau di “training” dalam rangka menanamkan kebiasaan-kebiasaan atau biasa juga untuk mendapatkan keterampilan tertentu tentang pendidikan yang telah dipelajarinya. Penelitian penulis dilakukan melalui tes lisan secara langsung sehingga dapat mengetahui sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam membaca dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an atau surah-surah pendek dengan baik. Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode drill dari 86 siswa. 24,42% atau sebanyak 21 siswa dengan kategori tinggi, 58,14% atau sebanyak 50 siswa dengan kategori sedang, 17,44% atau sebanyak 15 siswa dengan kategori rendah, setelah diterapkannya metode drill dari 86 siswa. 27,91% atau sebanyak 24 siswa dengan kategori tinggi, 60,47% atau sebanyak 52 siswa dengan kategori sedang. 11,62% atau sebanyak 10 siswa dengan kategori rendah. Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya metode drill terdapat perubahan, dimana sebelum diterapkannya metode drill hasil belajar siswa belum terlalu meningkat, namun setelah diterapkannya metode drill hasil belajar siswa sudah cukup baik. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan, metode drill dinilai efektif dalam meningkatkan kemampuan baca tahfidz Al-Qur’an terhadap hasil belajar siswa di dalam proses belajar mengajar khususnya yang dilaksanakan dikelas V MIN 1 Teladan Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:30
Last Modified: 28 Sep 2021 06:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13799

Actions (login required)

View Item View Item