PENERPAN METODE ILMA DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK KELA IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAYAH MIFTAHUL ULUM MAKARTI JAYA KECAMATAN MAKARTI JAYA KABUPATEN BANYUASIN

SARI, MAYA (2012) PENERPAN METODE ILMA DALAM MENINGKATKAN DAYA INGAT ANAK KELA IV PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAYAH MIFTAHUL ULUM MAKARTI JAYA KECAMATAN MAKARTI JAYA KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
bab II.docx

Download (44kB)
[img] Text
bab1.doc

Download (124kB)
[img] Text
bab III.docx

Download (33kB)
[img] Text
bab IV.docx

Download (36kB)
[img] Text
bab V.docx

Download (21kB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “Penerapan Metode Imla’ dalam Meningkatkan Daya Ingat Anak Kelas IV Pada Mata Pelajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Jaya Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin”. Judul ini terdiri dari lima bab, dan masalah yang diteliti adalah bagaimana penerapan metode imla’ pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Makarti Jaya, kemudian bagaimana daya ingat anak kelas IV setelah penerapan metode imla’ pada pembelajaran Bahasa Arab serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan metode imla’ pada mata pelajaran bahasa Arab dalam meningkatan daya ingat anak kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Makarti Jaya Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif maksudnya penjelasan terhadap seluruh fenomena yang dikaitkan dengan permasalahan yang diteliti. Yakni mengetegahkan, menguraikan, menggambarkan, atau menyajikan seluruh permasalahan yang berkaitan dengan penelitian. Penulis menggunakan teknik pengumpulan data yaitu: observasi untuk mengamati dan mencatat secara sistematis tentang penerapan metode imla’, wawancara ditujukan kepada kepala sekolah untuk mendapatkan data tentang sejarah berdirinya Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Makarti Jaya, dan ditujukan kepada guru bahasa Arab untuk mendapatkan data tentang cara pelaksanaan metode imla’ dan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode imla’ pada mata pelajaran Bahasa Arab, dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data yang objektif mengenai sarana dan prasarana, jumlah guru dan karyawan, jumlah siswa dan lain sebagainya. Tes ditujukan kepada siswa kelas IV gunanya adalah untuk mengetahui bagaimana daya ingat atau daya serap siswa setelah penerapan metode imla’. Hasil penelitian yang telah kumpulkan yaitu dalam menerapkan metode imla’ guru yang mengajar di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Makarti Jaya sudah membuat rancangan pembelajaran sebelum melaksanakan pembelajaran. Adapun pelaksanaannya yaitu siswa mempersiapkan alat tulis yang akan digunakan, kemudian guru membacakan potongan-potongan kalimat yang telah dijelaskan sebelumnya, setelah itu siswa menulis kalimat yang diucapkan guru di bukunya masing-masing kemudian guru mengoreksi hasil yang ditulis siswa. Sedangkan daya ingat anak setelah penerapan metode imla’ sudah cukup baik. Terdapat anak yang sudah menulis harkat dan huruf sesuai kaidah nahwu dan sharaf dalam penulisan Arab sebanyak 46,7%, siswa yang sudah menulis huruf perhuruf hingga menjadi kalimat yang sempurna sesuai struktur penulisan Arab terdapat sebanyak 33,33% dan ada sebagian siswa yang belum mengerti dan tidak bisa menulis dengan kaidah penulisan Arab sebanyak 13,33%. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode imla’ yaitu faktor guru, faktor siswa dan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Hal-hal umum tentang pendidikan > Metode mengajar dan belajar > Alat peraga dalam pengajaran termasuk penggunaan komputer
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:17
Last Modified: 19 Jan 2022 04:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14134

Actions (login required)

View Item View Item