Pengembangan Soal Pada Kitab Ilmu Sharaf Berbasis Keterampilan Abad Ke-21 Dengan Media Game Educandy Di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Belitang

NOFIASARI, ULIN (2022) Pengembangan Soal Pada Kitab Ilmu Sharaf Berbasis Keterampilan Abad Ke-21 Dengan Media Game Educandy Di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Belitang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Evaluasi pembelajaran adalah penilaian dan pengukuran belajar untuk menentukan nilai pembelajaran yang dilaksanakan. Dalam evaluasi pembelajaran harus mengacu pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Berdasarkan hasil wawancara, pendidik hanya melakukan penilaian kepada peserta didik dari ranah konitif saja. karena itu dibutuhkan media yang dapat menilai hasil belajar peserta didik dari 3 ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan soal pada kitab Ilmu Sharaf berbasis keterampilan abad ke-21 dengan media game educandy. keterampilan abad ke-21 mencakup 4 keterampilan yaitu berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaborasi, dan komunikasi. Dengan soal berbasis keterampilan abad ke-21 ini, pendidik dapat menilai hasil belajar peserta didik dari 3 ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Ilmu Sharaf dengan menggunakan soal Ilmu Sharaf yang telah dikembangkan berbasis keterampilan abad ke-21 dengan media gamne educandy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah lembar validasi ahli soal, lembar validasi ahli media, normalitas, homogenitas, T-test, dan uji Ngain-Score. Hasil validasi ahli materi mendapatkan sekor rata-rata 93 dengan kriteria "sangat baik". Hasil validitas dari ahli media mendapatkan sekor rata-rata 86,66 dengan kriteria "sangat baik". Hasil normalitas mendapatkan nilai signifikansi data pre-test 0,268 > 0,05 dan data post-test 0,844 > 0,05 maka data yang diuji berdistribusi normal. Hasil homogenitas mendapatkan nilai signifikansi 0,918 > 0,05 maka data yang diuji homogen. Hasil uji T-test mendapatkan nilai sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05. Hasil uji NGain kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata ط‌ 67,59 % dinilai CUKUP EFEKTIF untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, berpikir kreatif, kolaborasi, dan komunikasi peserta didik Pondok Pesantren Modern Nurussalam. Maka diputuskan untuk menerima Ha dan Ho ditolak. Dapat dikatakan bahwa adanya efektivitas dalam pembelajaran ilmu sharaf dengan menggunakan soal ilmu sharaf yang telah dikembangkan berbasis keterampilan abad ke-21 dengan media game educandy di Pondok Pesantren Modern Nurussalam Sidogede Belitang

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:25
Last Modified: 23 Feb 2022 07:25
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19547

Actions (login required)

View Item View Item