Pembelajaran Saraf Menggunakan Metode Mind Mapping Di Pondok Pesantren Nurul Islam Seri Bandung Ogan Ilir

Hardianti, Novi Sri (2022) Pembelajaran Saraf Menggunakan Metode Mind Mapping Di Pondok Pesantren Nurul Islam Seri Bandung Ogan Ilir. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (568kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (554kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (523kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang ada pada siswa dalam proses pembelajaran yaitu kurangnya minat pada pembelajaran saraf, hal ini mengakibatkan pada hasil dari proses pembelajaran karena sulitnya guru untuk mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut, hal ini disebabkan oleh belum adanya penggunaan metode pada saat proses pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dikarenakan pembelajaran yang terlalu monoton. Oleh karena itu perlu adanya penerapan sebuah metode yang menuntaskan permasalahan tersebut, dalam hal ini peneliti memilih metode mind mapping. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kombinasi atau Mixed Methods. Model Penelitian yang digunakan dalam penelitian kombinasi ini adalah sequential exploratory, yaitu pada tahap awal menggunakan metode kualitatif dan tahap berikutnya metode kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari observasi,wawancara, dan tes untuk mengukur kemampuan siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menggunakan aplikasi SPPSS dan Uji T test yang didapatkan signifikan yaitu 0.001 < 0.05 artinya dapat diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen. Selain itu juga dapat dilihat dari output Group Statistic bahwa terdapat perbedaan pada nilai rata-rata (mean) yaitu kelas eksperimen dan pada kelas kontrol . Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar saraf sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran mind mapping pada siswa kelas XI di Pondok Nurul Islam Seri Bandung. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Efektifitas yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran mind mapping . Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: : Metode Pembelajaran Mind Mapping,Saraf
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:13
Last Modified: 04 Apr 2022 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20047

Actions (login required)

View Item View Item