PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI SD NEGERI 33 LUBUKLINGGAU

Rahmayanti, Destiana (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI SD NEGERI 33 LUBUKLINGGAU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang berbasis eksperimen, dengan menggunakan bentuk desain penelitian The True Experimental Design, dengan menggunakan rancangan the posstest control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 41 siswa yang terdiri dari siswa kelas IV A & IV B. Penentuan subyek penelitian ini ditentukan dengan mengambil sampel secara random dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi belajar siswa kelas IV A (kelas kontrol) yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips yaitu tergolong dalam kategori tinggi sebanyak 4 siswa (20%), tergolong sedang sebanyak 13 siswa (65%) dan tergolong rendah sebanyak 3 siswa (15%). Konsentrasi belajar siswa kelas IV B (kelas eksperimen) yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips yaitu tergolong dalam kategori tinggi sebanyak 5 siswa (24%), tergolong sedang sebanyak 14 siswa (66%) dan tergolong rendah sebanyak 2 siswa (10%). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus uji “t” diperoleh t_(hitung )=6,118 dan 〖 t〗_tabel=1,685 dengan taraf α_0,05, dan kriteria pengujian H_0 ditolak dan Ha diterima jika t_(hitung )>〖 t〗_tabel. Pada penelitian ini diperoleh t_(hitung )>〖 t〗_tabel (6,118>1,685), maka〖 H〗_0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV di SD Negeri 33 Lubuklinggau dalam penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips. Kata Kunci: Talking chips, Konsentrasi Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Talking Chips dan Konsentrasi Belajar
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: DESTIANA RAHMAYANTI
Date Deposited: 13 Sep 2022 02:17
Last Modified: 13 Sep 2022 02:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22449

Actions (login required)

View Item View Item