Rahmayanti, Destiana (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI SD NEGERI 33 LUBUKLINGGAU. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
SAMPUL.pdf Download (914kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (378kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (272kB) | Request a copy |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang berbasis eksperimen, dengan menggunakan bentuk desain penelitian The True Experimental Design, dengan menggunakan rancangan the posstest control group design. Subjek penelitian ini berjumlah 41 siswa yang terdiri dari siswa kelas IV A & IV B. Penentuan subyek penelitian ini ditentukan dengan mengambil sampel secara random dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi belajar siswa kelas IV A (kelas kontrol) yang tidak diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips yaitu tergolong dalam kategori tinggi sebanyak 4 siswa (20%), tergolong sedang sebanyak 13 siswa (65%) dan tergolong rendah sebanyak 3 siswa (15%). Konsentrasi belajar siswa kelas IV B (kelas eksperimen) yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking chips yaitu tergolong dalam kategori tinggi sebanyak 5 siswa (24%), tergolong sedang sebanyak 14 siswa (66%) dan tergolong rendah sebanyak 2 siswa (10%). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menggunakan rumus uji “t” diperoleh t_(hitung )=6,118 dan 〖 t〗_tabel=1,685 dengan taraf α_0,05, dan kriteria pengujian H_0 ditolak dan Ha diterima jika t_(hitung )>〖 t〗_tabel. Pada penelitian ini diperoleh t_(hitung )>〖 t〗_tabel (6,118>1,685), maka〖 H〗_0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV di SD Negeri 33 Lubuklinggau dalam penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips. Kata Kunci: Talking chips, Konsentrasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Talking Chips dan Konsentrasi Belajar |
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | DESTIANA RAHMAYANTI |
Date Deposited: | 13 Sep 2022 02:17 |
Last Modified: | 13 Sep 2022 02:17 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/22449 |
Actions (login required)
View Item |