PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI SMA

Salsadiva, Wiliaz (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI SMA. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover.pdf

Download (587kB)
[img] Text
Abstract.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Keterlibatan peserta didik selama proses pembelajaran saat ini masih kurang aktif. serta kurangnya respon peserta didik terhadap materi yang disampaikan oleh guru memberi dampak terhadap pencapaian hasil belajar pada peserta didik. Oleh karena itu, perlu diterapkan suatu model pembelajaran yang dapat merangsang peserta didik agar lebih berperan aktif sehingga mereka dapat mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMAN 1 Talang Kelapa pada materi jaringan tumbuhan. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah penelitian metode kuantitatif jenis Quasi Experimental Design. Pada rancangan penelitian ini terdapat dua kelompok objek yaitu kelas eksperimen dan kelas control dan desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Pretest-posttest Control Group Design. Instrumen pada penelitian ini menggunakan soal pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunkan uji independent t test . Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 82,60 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas control 67,20 dan dari hasil analisis dengan uji t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) yang di peroleh adalah 0,000 ˂ α = 0,05. maka H1 pada penelitian ini diterima, yaitu adanya pengaruh model pembelajaran Probing Promting terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi jaringan tumbuhan kelas XI SMA

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Jaringan Tumbuhan, Probing Prompting
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: WILIAZ SALSADIVA 2010207012
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:51
Last Modified: 30 Jan 2024 06:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/34688

Actions (login required)

View Item View Item