EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM TERHADAP MOTIVASI SANTRI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI DI RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN FII AMANATILLAH DI DESA TELUK PAYO KECAMATAN BANYUASIN II KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN)

ANGO, MUMBA (2014) EFEKTIVITAS BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM TERHADAP MOTIVASI SANTRI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL-QUR’AN (STUDI DI RUMAH TAHFIDZ AL-QUR’AN FII AMANATILLAH DI DESA TELUK PAYO KECAMATAN BANYUASIN II KABUPATEN BANYUASIN SUMATERA SELATAN). Other thesis, UIN raden Fatah Palembang.

[img] Text
Kaver Judul.rtf

Download (628kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi Mahasiswa.rtf

Download (52kB)
[img] Text
Revisi BAB I.rtf

Download (202kB)
[img] Text
Revisi BAB II.docx

Download (38kB)
[img] Text
Revisi BAB III.rtf

Download (303kB)
[img] Text
Revisi BAB V.rtf

Download (72kB)
[img] Text
Revisi BAB IV.rtf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Rumah Tahfidz Al-Qur’an merupakan suatu tempat dimana anak-anak belajar, dan jembatan menuju pemahaman, pengalaman, sehingga dapat mengetahui dari suatu hal tidak tahu sehingga menjadi tahu, yakni khususnya membaca dan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Desa Teluk Payo Kecamatan Banyuasin II, Kabupaten Banyuasin. Jenis data yang dibutuhkan adalah kuantitatif. Sedangkan sumber daya primer dan sekunder yaitu objeknya pada sasaran Rumah Tahfidz Al-Qur’an Fii Amanatillah, para pengurus, dan para ustadz (pengajar). Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, kuensioner/angket. Sedangkan analisis data mengunakan metode deskriftif kulitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis melihat tata cara pelaksanaan bimbingan konseling Islam terhadap motivasi santri membaca menghafal Al-Qur’an, yaitu berbentuk program yang telah terlaksana dengan baik. Rumah Tahfidz Al-Qur’an mencakup berbagai kegiatan yang berupa mengaktifkan/ memakmurkan masjid, membangun generasi muda, menciptakan Imam masjid dengan cara pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an. Dapat memproleh meningkatkan kualitas pada anak yang belajar ilmu agama yakni mengenalkan cara membaca dan menghafal Al-Qur’an serta ibadah-ibadah. sehingga dapat melaksanakan suatu amalliyyah yang diajarkan dan sesuai ajaran Islam. Berdasarkan dari hasil perhitungan analisis spss korelasi antara variabel pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dan terhadap motivasi santri dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an atas pengaruh tersebut sebesar 5,1 % sedangkan sisa besarnya 94,4% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini seperti lingkungan keluarga, dan lingkungan pergaulan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Physics
Depositing User: dakwah dan komunikasi
Date Deposited: 04 Nov 2019 03:48
Last Modified: 04 Nov 2019 04:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/4827

Actions (login required)

View Item View Item