KORELASI PENERAPAN DISIPLIN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DI SD NEGERI 14 INDRALAYA SELATAN OGAN ILIR

MUSLIMAH, MUSLIMAH (2012) KORELASI PENERAPAN DISIPLIN SISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN PRESTASI BELAJAR DI SD NEGERI 14 INDRALAYA SELATAN OGAN ILIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I Skripsi.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB II skripsi.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB III Sripsi.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI.docx

Download (66kB)
[img] Text
BAB V Skripsi.docx

Download (16kB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen dan saling mempengaruhi secara timbal balik, oleh karena itu keberhasilan atau kegagalan suatu proses pendidikan tidak dapat dibebankan hanya kepada salah satu komponen saja. Misalya guru, oleh karena itu dalam perkerjaannya ia tidak hanya aktivitas mengajar saja, tetapi melatih dan membimbing siswa menjadi terampil terutama sikap mental siswa. Mendidik sikap mental seseorang tidak cukup hanya mengerjakan suatu pengetahuan, tetapi bangaimana itu harus diajarkan. Dan guru memiliki tanggung jawab untuk menerapkan disiplin kepada siswa, agar mampu mencerminkan perilaku disiplin. Karena begitu juga disiplin belajar siswa angat ditentukan oleh kemampuan guru dalam membantu dan membimbing siswa. Adapun rumusan masalah dari skripsi ini adalah bagaimana penerapan disiplin siswa dalam proses belajar mengajar di SD Negeri 14 Indralaya Selatan Ogan Ilir, bagaimana prestasi belajar siswa di SD Negeri 14 Indralaya Selatan Ogan Ilir dan adakah korelasi antara disiplin siswa dalam proses belajar mengajar dan prestasi belajar di SD Negeri 14 Indralaya Selatan Ogan Ilir. Jenis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah jenis data kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dokumentasi, dan metode wawancara. Observasi digunakan untuk pengamatan secara langsung ke tempat lokasi penelitian. Angket digunakan untuk mengukur disiplin siswa. Dokumentasi digunakan untuk menghimpun data tentang sekolah dan daftar nilai hasil belajar siswa pada semester akhir dalam bentuk laport pada tahun ajaran 2011-2012. Dan wawancara digunakan untuk mengetahui jumlah pengajar, jumlah siswa, keadaan sarana dan prasarana serta penunjang tercapainya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien di SD Negeri 14 Indralaya Selatan Ogan Ilir. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar siswa di sekolah dapat dikategorikan sedang. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis angket yang disebarkan. Siswa yang tergolong tinggi sebanyak 0 orang siswa (0 %), siswa yang tergolong sedang sebanyak 60 orang (100 %), dan siswa yang tergolong rendah sebanyak 0 orang (0 %). Sedangkan prestasi belajar siswa dapat dikategorikan sedang. Hal ini dapat dilihat dari analisis hasil belajar siswa yang berupa raport, siswa yang tergolong tinggi sebanyak 0 orang siswa (0 %), yang tergolong sedang sebanyak 60 orang siswa (100 %), dan yang tergolong rendah sebanyak 0 orang siswa (0 %). Kemudian dari hasil korelasi tersebut dapat diketahui bahwa nilai adalah sebesar 0,860. Sedangkan dilihat dari pada taraf signifikasi 5 % (0,250); sedangkan 1 % ( 0,325). Ternyata jauh lebih besar dari ,berarti ada korelasi positif yang sangat signifikasi antara variabel X dan variabel Y.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:07
Last Modified: 29 Sep 2021 01:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14003

Actions (login required)

View Item View Item