ASMAJUITA, ASMAJUITA (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TEBAK KATA PADA PELAJARAN IPA MATERI ALAT PERNAPASAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL ULUM PANGKALAN BALAI. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Text
a. lAMPIRAN ptk aSMAJUITA.docx Download (200kB) |
|
Text
BAB I ptk ASMAJUITA.docx Download (22kB) |
|
Text
BAB II PTK Asmajuita new.docx Download (34kB) |
|
Text
BAB III PTK Asmajuita.docx Download (58kB) |
|
Text
BAB IV PTK Asmajuita.docx Download (91kB) |
|
Text
BAB V PTK Asmajuita.docx Download (14kB) |
|
Text
Proposal PTK Asmajuita.docx Download (50kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul :”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Materi Alat Pernafasan Melalui Metode Pembelajaran Tebak Kata di Kelas V MI Miftahul Ulum Pangkalan Balai. Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran IPA di sekolah dasar, pembelajaran IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari alam dan sekitarnya.dalam proses pembelajaran IPA di SD siswa hanya cenderung mendengarkan penjelasan dari guru sehingga siswa menjadi malas dan bosan dan membuat semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pembelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun hasil belajarnya. Pembelajaran yang bersifat monoton bisa membuat siswa merasa jenuh dan bosan, serta menurunkan minat serta motivasi belajar siswa. Berdasarkan uraian permasalahan diatas,melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran, dan peningkatan kreativitas guru mutlak dikembangkan, untuk itu diperlukan strategi dalam pembelajaran yang bisa menarik minat siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dilakukan PTK dengan menggunakan Metode pembelajaran Tebak Kata. Penelitian ini dilakukan di kelas V MI Miftahul Ulum Pangkalan Balai dengan prasiklus dan dua siklus. Pada prasiklus tidak menggunakan metode pembelajaran tebak kata, kemudian siklus satu menggunakan metode pembelajaran tebak kata sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar yang menggunakan pembelajaran ini sehingga dilakukan tindakan memberikan penjelasan tentang langkah-langkah pembelajaran tebak kata. dan siklus kedua siswa mulai terbiasa dengan pembelajaran tebak kata. Dari hasil observasi, hasil belajar siswa terhadap materi pembelajaran menunjukkan peningkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan data-data nilai hasil belajar siswa. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus yaitu 57,59 dengan ketuntasan 46,43%, lalu pada siklus satu meningkat menjadi 62,11, dengan ketuntasan 53,57%. Dan pada siklus kedua terjadi lagi peningkatan rata-rata kelas menjadi 80,36 dengan ketuntasan 85,71% . Hasil observasi teman sejawat (kolaborator) terhadap aktivitas peneliti juga terjadi peningkatan pada saat proses belajar mengajar yaitu pada siklus satu 68,75 % dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75%. Dari pelaksanaan PTK, prasiklus, siklus I, dan siklus II disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V MI Miftahul Ulum Pangkalan Balai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 02:50 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 02:50 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14298 |
Actions (login required)
View Item |