Analisis Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang

Gika Pebriansyah, GIKA (2015) Analisis Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.

[img] Text
BAB I Revisi - Copy.docx

Download (47kB)
[img] Text
BAB II Gika Pebriansyah.docx

Download (52kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (45kB)
[img] Text
BAB V Gika.docx

Download (15kB)

Abstract

ABSTRAK Minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterkaitan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat. Minat tidak di bawa sejak lahir, melainkan diperoleh kemudian. Minat terhadap suatu dipelajari dan mempengaruhi belajar selanjutnya serta mempengaruhi penerimaan minat-minat baru. Jadi minat terhadap sesuatu merupahkan hasil belajar dan menyokong belajar selanjutnya. Walaupun minat terhadap sesuatu hal tidak merupakan hal yang hakiki untuk dapat mempelajari hal tersebut, asumsi umum menyatakan bahwa minat akan membantu seseorang mempelajari suatu hal. seorang siswa yang belajar dengan adanya minat, akan termotivasi dalam mengerjakan sesuatu bidang yang digelutinya. Sedangkan siswa yang belajar tanpa adanya minat, akan sulit untuk mencapai suatu keberhasilan karna tidak memiliki gairah melainkan hanya keterpaksaan dalam belajar. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa wawancara yang kemudian hasilnya di analisis melalui deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di madrasah ibtidaiyah hijriyah II palembang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel populasi. Jumlah sampel populasi sebesar 50 dengan 48 siswa dan 2 orang guru mata Sejarah Kebudayaan islam. Hasil penelitian menunjukan bahwa Berdasarkan hasil analisa data wawancara minat belajar siswa menunjukan hasil bahwa minat belajar siswa yang di tunjukan dengan rata-rata 25% yang dikategorikan tinggi. Adapun faktor yang mempengaruhi minat belajar antara lain ada 3 faktor yang penyebab rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu: (1) minat belajar siswa berada kriteria cenderung tinggi, (2) faktor intern faktor ekstern dan (3) faktor teknik dan pendekatan merupakan faktor yang berhubungan dengan metode pendekatanatau cara seorang guru dalam menyampaikan materi pelajaran disini dapat dilihat bahwa cara guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang baik karena setelah guru mengajar guru jarang sekali memberikan tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:35
Last Modified: 18 Oct 2021 07:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17199

Actions (login required)

View Item View Item