TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IMPULSE BUYING PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN BAJU WANITA DI SHOPEE (STUDI KASUS WARGA PERUMAHAN KENTEN SEJAHTER 1 KEL. KENTEN KEC. TALANG KELAPA BANYUASIN)

Lestari, Tri Indah (2022) TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IMPULSE BUYING PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN BAJU WANITA DI SHOPEE (STUDI KASUS WARGA PERUMAHAN KENTEN SEJAHTER 1 KEL. KENTEN KEC. TALANG KELAPA BANYUASIN). Undergraduate Thesis thesis, Uin Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
Tri Indah L_1720602167_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Indah L_1720602167_BAB I.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Indah L_1720602167_BAB II.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Indah L_1720602167_BAB III.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Indah L_1720602167_BAB IV.pdf

Download (895kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Indah L_1720602167_BAB V.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tri Indah L_1720602167_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi membuat adanya pergeseran pola berbelanja dari konvensional menjadi berbelanja online. Kemudahan berbelanja ini menjadikan seseorang apalagi perempuan lebih sering melakukan pembelian melalui e-commerce salah satunya shopee. Selain itu dengan adanya kemudahan dalam berbelanja dan banyakanya penawaran menarik menimbulkan adanya pembelian yang dilakukan tanpa pemikiran yang rasional secara spontan atau perilaku impulse buyig. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetaui faktor – faktor apa saja yang menjadi pengaruh dalam melakukan impulse buying dan bagaimana tinjauan ekonomi Islam terhadap faktor – faktor tersebut. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini subjek penelitian adalah konsumen perempuan e-commerce shopee warga perumahan Kenten Sejahtera 1 Talang Kelapa Banyuasin yang ditentukan dengan teknik purposive samping berdasarkan kriteria tertentu. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan, diperoleh dari informan bahwa terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perikalu impule buying yang dilakukan seperti potongan harga, display produk yang menarik, adanya flash sale, dan suasan hati informan sendiri. Dilihat dari ekonomi Islam, faktor – faktor terseut tidak bertentangan dengan syariat Islam dalam mualamalah, karena tidak adanya unsur paksaan, penipuan, ataupun riba. Serta dalam melakukan pembelian adanya akad ridha yaitu akad kerelaan anatar penual dan pembeli, sehingga ini diperbolehkan dalam Islam. Kata kunci : Ekonomi Islam, impulse buying, keputusan pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: TRI INDAH LESTARI
Date Deposited: 28 Nov 2022 02:37
Last Modified: 28 Nov 2022 02:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/23763

Actions (login required)

View Item View Item