PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN KEDATON PENINJAWAN RAYA KABUPATEN OKU TAHUN AJAR 2022/2023

Putri, Delia Ramadhona (2023) PENGARUH MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN KEDATON PENINJAWAN RAYA KABUPATEN OKU TAHUN AJAR 2022/2023. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berbicara merupakan salah satu tahap perkembangan bahasa anak usia dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Diorama Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Kedaton Peninjawan Raya OKU Tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quassy Eksperimental Design, dengan pendekatan penelitian kuantitatif Non Equivalent Control Group Design. Sampel pada penelitian ini 24 anak kelas B1 dan B2 di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Kedaton Peninjawan Raya OKU. Kelompok eksperimen menggunakan media diorama dan kelompok kontrol menggunakan media kartu bergambar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes tidak terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis t-test. Dari hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan media diorama dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 75,6 sedangkan kelompok kontrol 68, kemudian berdasarkan perhitungan uji t dimana nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,07387. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel (2,62347 > 2,07387), maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya media diorama memiliki pengaruh terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di Tk Aisyiyah Bustuanul Athfal Kecamatan Kedaton Peninjawan Raya OKU. Kata Kunci: Media Diorama, Kemampuan Berbicara

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Diorama, Kemampuan Berbicara
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86233 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: DELIA RAMADHONA PUTRI 1810210004
Date Deposited: 27 Mar 2023 03:12
Last Modified: 27 Mar 2023 03:12
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/26038

Actions (login required)

View Item View Item