STRATEGI TELEVISI LOKAL DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI BAHASA DAERAH (Studi Deskriptif Tentang Program Berita Grebek Palembang TV (PalTV))

Solekhah, Ayu and Duku, Sumaina and Harun Yahya, Ahmad (2023) STRATEGI TELEVISI LOKAL DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI BAHASA DAERAH (Studi Deskriptif Tentang Program Berita Grebek Palembang TV (PalTV)). Other thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
Cover Ayu Solekhah.pdf

Download (380kB)
[img] Text
Abstrak Ayu Solekhah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 Ayu Solekhah.pdf

Download (517kB)
[img] Text
BAB II Ayu Solekhah.pdf

Download (744kB)
[img] Text
BAB III Ayu Solekhah.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB IV Ayu Solekhah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Ayu Solekhah.pdf

Download (442kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Ayu Solekhah.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “ Strategi Televisi Lokal Dalam Mempertahankan Eksistensi Bahasa Daerah (Studi Deskriptif Tentang Program Berita Grebek Palembang TV (PALTV)). Dengan rumusan masalah bagaimana strategi yang digunakan Palembang TV dalam mempertahankan eksistensi bahasa daerah melalui program berita kriminal Grebek dan faktor pendukung dan penghambat Palembang TV pada program berita Grebek dalam menyampaikan informasi dengan bahasa daerah pada masyarakat. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data primer dari wawancara dan sumber data sekunder dari observasi dan dokumentasi. Teknik Pengumpulan data yang dilakukan peneliti ada tiga tahap yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan strategi-strategi yang dilakukan Palembang TV dalam mempertahankan eksistensi bahasa daerah pada program Grebek yakni dengan: 1) melaksanakan strategi program pada program berita Grebek dengan meliputi perencanaan program, strategi dalam produksi dan pembelian program, memosisikan jadwal program yang sesuai dengan kebiasaan penonton dan melaksanakan pengawasan dan evaluasi program. 2) strategi merebut pasar audien pada program berita Grebek dengan meliputi melaksanakan segmentasi penonton, menyortir target penonton, membentuk persepsi penonton lewat tagline. 3) strategi pemasaran dalam memasarkan program Grebek (bekerja sama dengan pemerintah dan swasta, mengadakan event-event dan kegiatan off air ) dan faktor pendukung yaitu Palembang TV telah bergabung dengan layanan satelit dan parabola yang bisa diakses melalui aplikasi YouTV, Palembang TV juga mempunyai sebuah WEB yaitu www.paltv.co.id dan semangat serta keinginan para crew untuk memajukan Palembang TV. Dan faktor penghambatnya adalah mencari narasumber, keterbatasan alat saat peliputan, penerjemah bahasa saat pembuatan naskah berita, kesulitan saat pengucapan bahasa lokal saat siaran, kesehatan dan juga adanya kebijakan-kebijakan dari pemerintah tentang peraturan siaran televisi lokal. Kata Kunci: Strategi, Eksistensi, Bahasa, Televisi Lokal

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Eksistensi, Bahasa, Televisi Lokal
Subjects: Dakwah dan Komunikasi > Jurnalistik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70202 - Jurnalistik
Depositing User: AYU SOLEKHAH 1920503029
Date Deposited: 06 Feb 2024 01:23
Last Modified: 06 Feb 2024 01:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/35053

Actions (login required)

View Item View Item