UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEBIASAAN SISWA MAKAN DAN MINUM SAMBIL BERDIRI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 128 PALEMBANG

DONI, DAMARA (2018) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEBIASAAN SISWA MAKAN DAN MINUM SAMBIL BERDIRI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 128 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
halaman judul.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 .pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Aktivitas makan dan minum merupakan hal urgen bagi manusia yang setiap hari dilakukan secara berulang-ulang. Terkait adab makan dan minum merupakan kebiasaan alamiah dalam kehidupan yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia. Hal ini pula telah diatur oleh syariat tentang variasi serta asupan makanan dan minuman, termasuk kebersihan makanan dan minuman serta kebiasaan atau adab makan dan minum dan sebagainya. Atas dasar tersebut, maka praktik makan dan minum mestinya dilakukan secara benar dan sesuai dengan syariat Islam, baik dilakukan sendiri, bersama keluarga ataupun dengan teman atau orang lain. Pada umumnya, masih ditemukan siswa yang ketika makan dan minum sambil berdiri. Penelitian ini memiliki rumusan masalah, yakni faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kebiasaan siswa makan dan minum sambil berdiri di SD Negeri 128 Palembang dan bagaimana upaya guru PAI dalam mengatasi kebiasaan siswa makan dan minum sambil berdiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kebiasaan siswa makan dan minum sambil berdiri di SD Negeri 128 Palembang.. Selanjutnya, untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi kebiasaan siswa makan dan minum sambil berdiri di SD Negeri 128 Palembang. Kemudian untuk Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data, penulis wawancara dengan kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas V SD Negeri 128 Palembang. Dalam observasi ini peneliti akan mengambil data bagaimana aktifitas pembelajaran di kelas dan perilaku siswa di lingkungan sekolah serta studi dokumentasi. Dari data wawancara, observasi dan studi dokumentasi kemudian penulis menganalisis kembali hasil data tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor yang mempengaruhi kebiasaan siswa makan dan minum sambil berdiri di lingkungan SD Negeri 128 Palembang yaitu, faktor internal dan faktor eksternal (faktor teman sebaya, orangtua, dan fasilitas. Kemudian di sini terdapat upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kebiasaan siswa makan dan minum sambil berdiri di lingkungan SD Negeri 128 Palembang yakni dengan memberikan bimbingan, pemberian reward (hadiah), ekstrakulikuler pramuka, pemberlakuan tata tertib, memberikan motivasi, memberikan nasehat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:10
Last Modified: 06 Jul 2021 09:10
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9066

Actions (login required)

View Item View Item