SASTRIANA, AGUSTIANI (2018) PENERAPAN MEDIA VIDEO DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH KELAS IX DI MTs NEGERI 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1 .pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (479kB) | Preview |
Abstract
Dalam proses belajar pembelajaran, guru dituntut untuk mampu memilih media pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar kepada siswa, sehingga siswa lebih mudah memahami dan mengingat kembalibahan ajar yang di sampaikan oleh guru, dan membuat daya tarik siswa kepada siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimaan penerapan media pembelajaran video di MTs Negeri 1 Palembang, bagaimana motivasi belajar siswa tidak diterapkan dan sesudah diterapkan media pembelajaran video pada mata pelajaran fiqih kelas IX di MTs Negeri 1 Model Palembang, dan adakah pengaruh penerapan media pembelajaran video dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX di Mts Negeri 1 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pegaruh penerapan media pembelajaran video dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX di Mts Negeri 1 Palembang. Desaign penelitian yang di gunakan adalah teknik kuantitatif menggunakan metode eksperimental design dengan bentuk post-test only control design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 1 Palembang tahun ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX.B (kelas kontrol) dan kelas IX.E (kelas eksperimen) dengan jumlah siswa sebanyak 88 orang. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa dengan penerapan media pembelajaran video. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan ini yaitu, bahwa media pembelajaran video mempunyai pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada thitung adalah jauh lebih besar dari pada ttabel, baik pada taraf ssignifikan 5% maupun taraf signifikan 1% (2,00<16,6>2,66). Dilihat dari hasil motivasi belajar siswa sesudah menggunakan media pembelajaran video meningkat, hal ini terlihat dari nilai rata-rata (mean) 74,56 meningkat menjadi 89,47. Kesimpulan dari hasil penelitian yang penulis lakukan, menunjukkan bahwa media pembelajaran video memberikan pengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas IX di Mts Negeri 1 Palembang. Hal ini dilihat dari pertisipasi siswa yang aktif ketika proses pembelajaran berlangsung dan hasil motivasi belajar siswa yang meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 22 Jul 2021 02:14 |
Last Modified: | 22 Jul 2021 02:14 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9094 |
Actions (login required)
View Item |