UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI METODE PRACTICE - REHEARSAL PAIRS PADA SISWA KELAS IV MI GUMMI PALEMBANG

NURJANNAH, RINI (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST MELALUI METODE PRACTICE - REHEARSAL PAIRS PADA SISWA KELAS IV MI GUMMI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
9) BAB I skripsi rini asli 1.docx

Download (64kB)
[img] Text
10) BAB II Srikpsi rini asli.docx

Download (52kB)
[img] Text
11) BAB III skripsi rini asli.docx

Download (27kB)
[img] Text
12) BAB IV skripsi rini asli.docx

Download (59kB)
[img] Text
14) DAFTAR PUSTAK skripsi rini asli.docx

Download (16kB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil belajar siswa menjadi permasalahan yang penulis temui di kelas dan yang menyebabkannya adalah metode atau srategi yang kurang efektif. Hal ini yang mendorong penulis untuk mengadakan upaya perbaikan pengajaran mata pelajaran Alqur’an Hadist materi mengenal, membaca dan menghafal surat Al-‘adiyat melalui penelitian tindakan kelas (PTK) yang saya lakukan sendiri dengan melibatkan observer yang dalam hal ini akan menggunakan metode Practice Rehearsal Pairs. Penelitian ini berdasrkan permasalahan: apakah dengan menerapkan metode Practice Rehersal Pairs dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengenal, membaca dan menghafal surat al-‘adiyat di kelas IV MI GUMMI Palembang?. Sementara penelitian tinadakan kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam materi mengenal, membaca dan menghafal surat Al-‘adiyat di kelas IV MI GUMMI Palembang dengan menerapkan metode Practice Rehearsal Pairs. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus, yang dilakukan pada tanggal 27 Maret 2017 untuk siklus 1 dan patda tanggal 10 April 2017 untuk siklus 2. Setiap siklus dilaksanakan melaui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi atau pengamatan dan tahap refleksi. Dari hasil tindakan kelas yang dilaksanaakan melaui dua siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode Practice Rehearsal Pairs di MI GUMMI Palembang dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa dari pra siklus sampai siklus 2 sebagai siklus terakhir dalam tindakan perbaikan pembelajaran yang dilakukan. Di mana pada pra-siklus terdapat 5 siswa yang tuntas kemudian pada siklus 1 naik lagi menjadi 8 siswa yang tuntas kemudian pada siklus 2 siswa yang tuntas sudah mencapai 20 siswa atau 100% tuntas dan peningkatan nilai rata-rata, di mana kondisi awal sebelum perbaiakan nilai rata-rata 55,75 hasil perbaikan siklus 1 menjadi 66 dan pada siklus 2 menjadi75,5.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 20 Sep 2021 07:51
Last Modified: 20 Sep 2021 07:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/11527

Actions (login required)

View Item View Item