KESESUAIAN PENGEMASAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN KARAKTERISTIK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZ-ZAHIR BUNGARAN PALEMBANG

USMAN, RIKA (2014) KESESUAIAN PENGEMASAN BAHAN AJAR MATEMATIKA DENGAN KARAKTERISTIK SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZ-ZAHIR BUNGARAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
SKRIPSI BAB I.rtf

Download (230kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB II.rtf

Download (223kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB III.rtf

Download (372kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB IV 1.rtf

Download (273kB)
[img] Text
SKRIPSI BAB V.rtf

Download (80kB)

Abstract

enelitian ini berjudul “Kesesuaian Pengemasan Bahan ajar Matematika dengan Karakteristik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Bungaran Palembang”.     Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya guru dalam penerapan bahan ajar dan memperhatikan karakteristik siswa sehingga pembelajaran menjadi monoton. Indikatornya antara lain tujuan pembelajaran, kedalaman bahan ajar, keluasan bahan ajar, penggunaan media, dan penggunaan matode. Kemungkinan besar rendahnya semangat siswa dalam pembelajaran matematika dikarenakan bahan ajar yang diterapkan terlalu monoton seperti penggunaan bahan ajar hanya ada di buku saja. Dari hal peneliti berinisiatif ingin menggunakan pengemasan bahan ajar matematika yang sesuai dngan karakteristik siswa.     Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Bahan Ajar Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang Sesuai Dengan Karakteristik siswa ? dan Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Proses Penggunaan Bahan Ajar Matematika Terhadap Karakteristik Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Palembang ?     Penelitian ini bertujuaqn untuk mengetahui penggunaan penerapan bahan ajar matematika apakah sesuai dengan karaktistik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Az-Zahir Bunbgaran Palembang. Bahan ajar yang digunakan adalah ujuan pembelajaran, kedalaman bahan ajar, keluasan baha ajar, penggunaan media, dan penggunaan metode.     Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif, dimana hasil penelitian disajikan dalam bentuk data, yaitu menggambarkan menjelaskan, menganalisa data yang diperoleh di lapangan. Penelitian ini menggunakan sumber primer dan sekunder dan yang didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi penelitian ini menggunkan tehnik analisis data melalui tiga alur kegiatan, yakni penyajian data, analisis data, dan penarik kesimpulan/verifikasi.     Hasil penelitian dapat disimpulkan, pertama, bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai dengan karakteristik siswa dengan menggunakan bahan ajar, seperti kedalaman bahan ajar, keluasan bahan ajar, penggunaan media, dan penggunaan metode. Foint yang lebih perluh diperhatikan karakteristik siswa adalah dimana setiap pendidik akan memberikan bahan ajar harus memperhtikan kemampuan/karakteristik siswa.     Kedua, pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa dalam penyampaian materi. Rata-rata guru memberikan materi bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa membuat siswa tidak sulit untuk memahami materi yang telah disampaikan pendidik. Hanya saja masih ada siswa yang kurang berminat memahami dalam pelajaran matematika.     Ketiga, bahwa faktor pendukung adalah tenaga pengajar yang sesuai dengan jurusan, buku paket yang digunakan,dan penerapan peraturan yang tegas. Serta faktor penghambat dalam penggunaan bahan ajar adalah Kurangnya media pembelajaran dan kurangnya lokal belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:16
Last Modified: 28 Sep 2021 01:16
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13201

Actions (login required)

View Item View Item