تطوير كتاب تدريس النحو الواضح )الجزء األول( على اساس التعليم لتحليل المشكالت )learning based problem )للفصل األول بالمدرسة الثانوية الحرمين "سمندي (Pengembangan Buku Ajar Nahwu Wadih 1 Berbasis Problem Based Learning Untuk kelas 1 Mts di pondok pesantren Al-Haromain semende)

Jaya, RAYAN TARUNA JAYA (2021) تطوير كتاب تدريس النحو الواضح )الجزء األول( على اساس التعليم لتحليل المشكالت )learning based problem )للفصل األول بالمدرسة الثانوية الحرمين "سمندي (Pengembangan Buku Ajar Nahwu Wadih 1 Berbasis Problem Based Learning Untuk kelas 1 Mts di pondok pesantren Al-Haromain semende). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
2.pdf

Download (522kB)
[img] Text
3.pdf

Download (526kB)
[img] Text
4.pdf

Download (785kB)
[img] Text
5.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DPUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
KOVER.pdf

Download (244kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatar belakangi oleh pembelajaran bahasa arab di sekolah tersebut belum menggunakan media apapun melainkan masih menggunakan buku cetak lama dan penyampaianya masih menggunakan metode ceramah, sehingga peserta didik cenderung bosan karena pembelajaran yang masih monoton dan menyebabkan peserta didik mengantuk dan kurang memiliki daya tarik untuk mempelajari materi nahwu. Dalam pengembangan ini peneliti menggunakan metode problem based learning (PBL). Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Pengembangan buku ajar ini mengacu pada teori pengembangan Borg and Gall dengan menggunakan enam langkah pengembangan; Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, dan uji coba produk. Hasil pengembangan buku ajar ini berdasarkan hasil angket kebutuhan buku ajar dengan hasil rata-rata presentase 73,66%, selain itu, memenuhi kriteria valid dengan hasil ahli uji materi mencapai tingkat kevalidan 95,3% dan hasil dari ahli media dengan tingkat kevalidan 86,66%. Sedangkan penerapan didalam kelas, hasil pre test peserta didik mendapat nilai rata-rata 71,5% dan post test dengan nilai rata-rata 79,19%. Berdasarkan analisis menggunkan uji T (Paired) nilai Sig. (0-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka bisa disimpulkan bahwa terdapat perbedaan dan pegaruh yang nyata antara hasil belajar bahasa Arab pada data pre test dan post test. Oleh karena itu keputusannya adalah Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat keefektivan pada penggunaan Buku Ajar Nahwu wadhih 1 Berbasis Problem Based Learning Untuk kelas 1 Mts di pondok pesantren Al-Haromain semende.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Buku Nahwu wadhih 1, Keefektivan Buku Nahwu wadhih
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 370 Pendidikan > Hal-hal umum tentang pendidikan > Metode mengajar dan belajar > Alat peraga dalam pengajaran termasuk penggunaan komputer
400 Bahasa > Bahasa - bahasa lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 16 Feb 2022 07:45
Last Modified: 16 Feb 2022 07:45
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19417

Actions (login required)

View Item View Item