Pengembangan Materi Ajar dalam Bentuk Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Mufrodat di Kelas VII MTs Bahrul Ulum Muliasari

NURHASANAH, RINA (2022) Pengembangan Materi Ajar dalam Bentuk Teka-Teki Silang (Crossword Puzzle) berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Mufrodat di Kelas VII MTs Bahrul Ulum Muliasari. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (385kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Kurangnya minat belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa Arab materi mufrodat karena penuh dengan hafalan, dan kurangnya media pembelajaran serta metode pembelajaran baru yang menarik minat belajar, sehingga banyak peserta didik yang bosan dan kurang aktif ketika pembelajaran berlangsung.Sedangkan di abad ke-٢١ ini peserta didik sudah dituntut untuk berpikir kreatif dan kritis (HOTS). Pegembangan materi ajar dalam bentuk TTS berbasis HOTS dalam pembelajaran mufrodat ini sesuai dengan teori yang telah dikemukakan oleh Bloom yaitu kemampuan berpikir C٤ (menganalisis), C٥ (mengevaluasi), dan C٦ (mencipta). Hasil pengembangan ini berupa TTS sebanyak ٤ TTS yang terdiri dari ٥٠ soal berbasis HOTS yakni pada level C٤ sebanyak ٢٧ soal, pada level C٥ sebanyak ٧ soal dan pada level C٦ sebanyak ١٦ soal yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik sesuai dengan kebutuhan di abad-٢١. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengembangan materi ajar dalam bentuk TTS berbasis HOTS dalam pembelajaran mufrodat di kelas VII MTs Bahrul Ulum Muliasari dan untuk mengetahui efektifitasnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reserch and Development (R&D), dengan model Borg & Gall dengan ١٠ langkah pengembangan yang disederhanakan menjadi ٦ langkah penelitian yaitu : Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Hasil penelitian ini ialah: (١) Materi ajar dalam bentuk TTS berbasis HOTS dalam pembelajaran mufrodat di kelas VII MTs Bahrul Ulum Muliasari. Hasil uji coba pengembangan ini dari ahli materi ٩٥٪ dan ahli media ١ ٨٦٪ dan ٩٢٪ dari ahli media ٢ pada tabel kevalidan produk, hasil ini masuk ke dalam kategori sangat layak, (٢) Perbedaan hasil belajar peserta didik kelas Ekperimen rata-rata pre-test ٥٥ adalah dan nilai rata-rata post-test adalah ٨٨ dan hasil belajar peserta didik kelas kontrol rata-rata pre-test ٥٢ dan nilai rata-rata post-test ٨٠,٧ Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap materi ajar yang dikembangkan. Dibuktikan melalui hasil analisis data uji normalitas menunjukkan hasil signifikan ٠, ٣٦٠ (Pre-test eksperimen), dan ٠, ٣٣٨ (Post-test eksperimen), ٠, ٢٦٣ (Pre-test kontrol), dan ٠, ٢٣٧ (Post-test kontrol) > ٠,٠٥ menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Melalui uji homogenitas menunjukkan angka ٠, ٤٧٣ > ٠, ٠٥ menunjukkan bahwa data homogen. Hasil uji t ٠,٠٠٠ < ٠, ٠٥ menunjukkan bahwa kedua data beda dan melalui uji N-Gain score rata-rata kelas eksperimen ٧٣, ٥٦ % menunjukkan bahwa produk yang telah dikembangkan cukup efektif untuk meningkatan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:40
Last Modified: 24 Feb 2022 03:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19552

Actions (login required)

View Item View Item