Pembelajaran nahwu Menggunakan Kitab al Muyassar Dengan Metode Student Teams Achievemnet Division di Pondok Pesantren Mutiara Sunnah Palembang

DAMAYANTI, ALPINA (2022) Pembelajaran nahwu Menggunakan Kitab al Muyassar Dengan Metode Student Teams Achievemnet Division di Pondok Pesantren Mutiara Sunnah Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk menerapkan metode Student Teams Achievement Division dalam pembelajaran nahwu di kelas TBA (Takhoshshush Bahasa Arab) yang mana pembelajarannya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa khususnya ilmu nahwu. Seringkali pembelajaran nahwu dianggap hal yang susah maka dari itu peneliti menerapkan pembelajaran nahwu menggunakan Kitab al Muyassar dengan Metode Student Teams Achievement Division agar memudahkan siswa memahami pembelajaran nahwu secara efektif. Peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif yang merupakan metode campuran (mix method). Yang mana akan menghasilkan data-data campuran yaitu data dari analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari data yang diperoleh merupakan hasil data observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes untuk mengukur kemampuan dan keefektifan pelaksaan peneliti. Berdasarkan hasil dari pelaksaan penelitian uji coba menggunakan aplikasi SPSS dengan uji T yang di dapatkan adalah nilai signifikan yaitu 0,000< 0,05 maka dapat disimpulkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antar kelas eksperimen dan kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada hasil belajar nahwu sebelum dan sesudah menggunakan metode Student Teams Achievement Division dan dapat dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Maka dapat peneliti simpulkan penerapan pembelajaran nahwu menggunakan kitab al Muyassar dengan metode Student Teams Achievement Division dinyatakan efektifitas karena terdapat peningkatakan pemahaman nahwu siswa pada kelas TBA (Takhoshshush Bahasa Arab) di pondok pesantren Mutiara Sunnah Palembang terlihat dari observasi bahwa keaktifan, antusias dan kesesuaian metode ketika pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 01 Apr 2022 03:09
Last Modified: 01 Apr 2022 03:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20025

Actions (login required)

View Item View Item