Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Kitab Qowaid Klasik di Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang

ASTUTI, NONI JULI (2022) Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Kitab Qowaid Klasik di Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (99kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Bahasa Arab dengan Kitab Qowaid Klasik di Pondok Pesantren Nurul Qomar Palembang”. Adapun pokok permasalahan dari penelitian yang dibahas dari skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Bahasa arab dengan kitab qowaid klasik di pondok pesantren nurul qomar Palembang, (2) Bagaimana proses pembelajaran Bahasa arab dengan kitab qowaid klasik di pondok pesantren nurul qomar Palembang, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Bahasa arab dengan kitab qowaid klasik di pondok pesantren nurul qomar Palembang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian di pondok pesantren nurul qomar Palembang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, sajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran Bahasa arab dengan kitab qowaid klasik di pondok pesantren nurul qomar Palembang optimal hal ini dapat dilihat dari prestasi belajar peserta didik yang sangat memuaskan setelah diadakan evaluasi. Adapun beberapa cara yang digunakan oleh pendidik dalam menggunakan kitab qowaid klasik yaitu: (a) melihat kondisi kelas, (b) melihat keadaan peserta didik, (c) menyesuaikan kitab qowaid klasik dengan siswa. Penelitian ini memiliki implikasi bagi lembaga pendidikan diharapkan agar dapat mengoptimalkan prestasi belajar peserta didiknya khususnya pada mata pelajaran bahasa arab dengan kitab qowaid klasik seperti mangadakan belajar tambahan khusus untuk mata pelajaran bahasa arab dengan kitab qowaid klasik atau dengan cara yang lainnya. Kepada para pendidik diharapkan mampu menguasai dan menggunakan kitab qowaid klasik dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 04 Apr 2022 02:17
Last Modified: 04 Apr 2022 02:17
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/20048

Actions (login required)

View Item View Item