METODE GURU PAI DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA IBADAH SHALAT ZUHUR DI SMP (PTI) PAKJO PALEMBANG

ELIANI, EMA (2014) METODE GURU PAI DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA IBADAH SHALAT ZUHUR DI SMP (PTI) PAKJO PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (96kB)
[img] Text
BAB 2.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB 3.docx

Download (29kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB 5.docx

Download (23kB)

Abstract

Guru adalah pendidik dari seseorang siswa dan masyarakat, guru diberi jabatan sebagai pengajar dan guru tidak hanya mengajar akan tetapi mendidik siswa lebih baik sebelumnya. Secara umum guru harus mampu melihat, problematika yang terjadi pada siswa, baik yang menyangkut prestasi belajar siswa maupun keterampilan siswa khususnya tentang ibadah shalat siswa dan yang bertanggung jawab adalah para guru terlebihnya guru PAI, guru harus dapat mencari jalan keluar atau solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapai siswa didalam ibadah shalat dan untuk meningkatkan ibadah shalat siswa para guru PAI memberikan metode seperti metode ceramah, metode eksprimen, metode pemberian tugas, metode diskusi, metode demonstrasi dan metode tanya jawab. Permasalahan peneliti ini adalah bagaimana metode guru PAI dalam mengatasi problematika ibadah shalat Zuhur di SMP (PTI) Pakjo Palembang. Dalam penelitian ini populasi 8 orang guru mata pelajaran, 3 orang guru Al-Qur’an (Iqra’), 2 orang guru budi pekerti dan 3 orang guru PAI di SMP (PTI) Pakjo Plembang.Dan populasi untuk siswa berjumlah 271 0rang , dengan demikian yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 8 orang guru PAI dan 40 orang siswa. Hasil penelitian ini bahwasanya siswa dalam melaksanakan ibadah shalat di SMP (PTI) Pakjo Palembang masih banyak yang belum tahu bacaan didalam shalat Zuhur dan gerakan didalam shalat Zuhur. Seperti membaca niat, do’a iftitah, surat Al-fatihah dan bacaan didalam tahyat awal dan akhir. Sedangkan pada gerakan tuma’ninah, duduk tahyat awal dan akhir. Hal ini karena metode yang digunakan masih menonton atau kurang alat bantu didalam menggunakan metode. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui faktor-faktor penyebab siswa tidak melaksanakna ibadah shalat Zuhur di SMP (PTI) Pakjo Palembang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif artinya data yang berupa penjelasan tentang hal-hal yang berhubungan dengan problematika ibadah shalat siswa. Sumber data penelitian ini ada dua macam, yakni data primer dan data skunder. Data primer penelitian ini dikumpulkan melalui tiga teknik, yakni observasi, wawancara dan dekumentasi. Sedangkan data skundernya melalui literatur-literatur yang dikemukakan permasalahan yang dibahas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 28 Sep 2021 06:30
Last Modified: 28 Sep 2021 06:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/13803

Actions (login required)

View Item View Item