PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTSN TEBING TINGGI KAB. EMPAT LAWANG

ASMAYANI, DIANTI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VIII MTSN TEBING TINGGI KAB. EMPAT LAWANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.rtf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (469kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (616kB)
[img] Text
BAB IV.rtf

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.rtf

Download (71kB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar untuk menumbuh kembangkan potensi sumber daya manusia peserta didik dengan cara mendorong dan memfasilitasi kegiatan belajar mereka. Selama ini model pembelajaran yang dipakai oleh guru lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dan mengalami kejenuhan belajar yang mengakibatkan mereka kurang merespon pelajaran yang sedang berlangsung. Permasalahan dalam skripsi ini adalah kegiatan pembelajaran yang disampaikan oleh guru lebih banyak menggunakan metode ceramah sehingga siswa merasa bosan dan mengalami kejenuhan belajar yang mengakibatkan hasil belajar mereka kurang maksimal. Jadi untuk menghilangkan hal-hal yang belum maksimal tersebut, guru hendaknya dapat memilih metode atau model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk berpikir sehingga mereka bisa aktif dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan dengan menggunakan model pembelajaran dan tanpa menggunakan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII MTs N Tebing Tinggi, dan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII MTs N Tebing Tinggi Kab. Empat Lawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experimental design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua murid kelas VIII MTs N Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang yang berjumlah 151 orang siswa dengan sampel 76 orang siswa dari dua kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksperimen dan VIII-2 sebagai kelas kontrol. Sedangkan alat pengumpul datanya adalah observasi, dokumentasi dan tes. Rumus untuk analisis data memakai tes“t” atau dalam keadaan dua sampel yang kita teliti merupakan sampel besar (N lebih dari 30). Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penerapan tanpa menggunakan model pembelajaran inquiry dan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry tergolong sedang. Penerapan dengan menggunakan model pembelajaran inquiry telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran aqidah akhlak materi mukjizat dan kejadian luar biasa lainnya, terlihat secara signifikan meningkat atau lebih baik dibandingkan dengan penerapan tanpa menggunakan model pembelajaran inquiry. Hal ini terlihat dari selisih rata-rata keseluruhan aktivitas belajar sebesar 17 selisih mean (rata-rata) hasil posttest sebesar 10,08 dan selisih ketercapaian KKM sebesar 47,37% yang diperoleh dari nilai keseluruhan siswa, serta perbedaan t0 yang lebih besar dari pada baik pada taraf signifikansi 5% atau pada taraf signifikansi 1%, yakni 2,00 < 5,19 > 2,65.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Sep 2021 01:11
Last Modified: 29 Sep 2021 01:11
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/14074

Actions (login required)

View Item View Item