Astuti, Tri (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PAI DI MTs ISLAMIYAH DESA ULUDANAU KAB. OKU SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
1.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
2.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text
3.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
4.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
5.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
DPUSTAKA.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
KOVER.pdf Download (150kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman merupakan hasil belajar, peserta didik dapat menjelaskan dengan kalimat sendiri mengenai apa yang mereka baca atau dengar dan dapat memberikan contoh lain dari contoh yang diberikan oleh pendidik. Latar belakang pada penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman peserta didik pada pembelajaran PAI. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah ada pengaruh model pembelajaran inquiry terbimbing terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di MTs Islamiyah Desa Uludanau. Penelitian ini mengguanakan metode penelitian eksperimen, yang mana penelitian eksperimen adalah “sebagai penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakukan tertentu dalam kondisi yang terkendali”. Dalam pelaksanaannya dilakukan dalam tiga tahapan yaitu : melakukan pretest, memberikan treatment (X) dan melakukan posttest. Penelitian ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data yaitu, observasi, test dan dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan “uji t”. Hasil penelitian sebelum diterapkannya model pembelajaran inquiry terbimbing meliputi 3 kategori, yang termasuk ke dalam kategori tinggi ada 2 orang siswa dengan persentase 15%, kategori sedang ada 12 orang siswa dengan persentase 75% dan yang termasuk kategori rendah ada 1 orang siswa dengan persentase 10%. Sedangkan Pemahaman siswa kelas VIII di MTs Islamiyah desa Uludanau terhadap mata pelajaran PAI sesudah diterapkannya model pembelajaran inquiry terbimbing meliputi 3 kategori, yang termasuk ke dalam kategori tinggi ada 2 orang siswa dengan persentase 20%, kategori sedang ada 11 orang siswa dengan persentase 70% dan yang termasuk kategori rendah ada 2 orang siswa dengan persentase 10%. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Inquiry Terbimbing, Pemahaman
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1) |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 24 Dec 2021 03:08 |
Last Modified: | 24 Dec 2021 03:08 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/18855 |
Actions (login required)
View Item |