MARDALENA, MARDALENA (2019) Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aqidah Islam di Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (504kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pendidikan non-formal yang di dalamnya mempelajari bahasa Arab dan sudah diakui oleh pemerintah sebagai PKBM yaitu Sekolah Tahfidz Plus Khoiru Ummah Palembang dengan kurikulum berbasis Aqidah Islam. Penelitian ini berfokus pada kurikulum pembelajaran bahasa Arab kelas 16 di Sekolah Tahfizh Plus Khoiru Ummah Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum pembelajaran bahasa Arab di sekolah tahfizh Plus Khoiru Ummah Palembang, mulai dari tujuan, materi, metode, dan evaluasi. Pendekatan dan metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini untuk memperoleh hasil penelitian maka peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dalam penelitian ini: Pertama, di dalam tujuan pembelajaran bahasa Arab lebih banyak untuk penguasaan mufrodat dan mengetahui kaitannya dengan ayatayat al-Quran. Agar anak-anak lebih mudah memahami isi al-Quran dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga selain bisa bahasa Arab juga bisa menjadi anakanak yang sholeh dan sholehah, berjiwa islami, dan berakhlak mulia. Kedua: materinya menggunakan buku dari diknas yaitu buku Aku Cinta Bahasa Arab. Untuk kelas 1-3 menggunakan buku Aku Cinta Bahasa Arab karangan Sunaryo Putro, dan kelas 4-5 menggunakan buku Aku Cinta Bahasa Arab karangan Agus Wahyudi. Buku ini adalah buku Aqila penerbit Tiga Serangkai Putra Mandiri kota Solo. Di dalam buku ini materi kelas 1-3 sudah terkait dengan aqidah Islam dan di dalam buku kelas 4-5 ada sedikit kaitannya dengan Aqidah Islam, tetapi guru sendiri yang mengembangkan materinya sehingga dalam mengajarkannya guru tidak hanya berpatokan dari buku saja, tetapi di kembangkan sesuai dengan aqidah Islam. Ketiga: Metode yang digunakan adalah talqiyyan fiqriyyan, dan pelaksanaannya sudah sesuai dengan Aqidah Islam. Dalam metode pembelajarannya, guru menyampaikan materi selalu mengaitkannya dengan AlQuran ataupun hadist. Sehingga anak-anak selain belajar bahasa Arab juga belajar Aqidah Islam. Keempat: di dalam evaluasi pembelajaran bahasa Arab, terdapat 4 penilaian yaitu penilaian pengetahuan, pemahaman, keahlian, dan minat. Pengetahuan dan pemahaman di nilai di akhir pembelajaran, yang berbentuk tes formatif (ulangan harian) dan tes sumatif (UTS dan UAS). Keahlian dan minat dinilai saat proses pembelajaran. Selain itu ada juga evaluasi per minggu berupa rapat guru untuk mengevaluasi proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 04:44 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 04:44 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/12059 |
Actions (login required)
View Item |