Penerapan Metode Quantum Learning Dengan Menggunakan Media NODROB (Domino I’rob) dalam Pembelajaran Nahwu di Madrasah Babul Jannah Palembang

PERMATASARI, NOPRIYANTI (2022) Penerapan Metode Quantum Learning Dengan Menggunakan Media NODROB (Domino I’rob) dalam Pembelajaran Nahwu di Madrasah Babul Jannah Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Minimnya inovasi dalam mengajarkan nahwu dan media yang digunakan menjadi salah satu faktor mata pelajaran ini dianggap sulit dan monoton. Padahal penggunaan metode dan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam mempelajari sesuatu. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan sebuah metode dan media, dalam hal ini peneliti memilih Metode Quantum Learning dan Media Domino I’rob untuk diterapkan agar mampu memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran nahwu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif (Mixed Methods), dengan model sequential exploratory dimana pada langkah pertama peneliti menggunakan data kualitatif dan selanjutnya menggunakan data kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dokumentasi, dan tes untuk mengukur kemampuan nahwu peserta didik dan keefektifan penerapan penelitian ini.Berdasarkan hasil penelitian, melalui observasi didapatkan bahwa respon siswa sangat antusias dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, terlihat dari siswa yang berpartisipasi aktif dalam mengikuti langkah demi langkah pembelajaran dan mampu menyelesaikan permainan domino i’rob dengan baik dan. Kemudian berdasarkan dari hasil posttest, terdapat perbedaan nilai yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, yaitu 02,22 dan 00,22. Selanjutnya berdasarkan analisis menggunakan aplikasi SPSS dengan uji T (Independent), diperoleh nilai sig.(2- tailed) yaitu 2,222 < 2020, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat dikatakan bahwa terjadi peningkatan pada kemampuan nahwu siswa dan penerapan metode quantum learning dengan menggunakan media domino i’rob di Madrasah Babul Jannah Palembang terbukti keefektifannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Metode Quantum Learning, Media Domino I’rob, Nahwu.
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 18 Mar 2022 07:50
Last Modified: 18 Mar 2022 07:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19815

Actions (login required)

View Item View Item