Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Kartu Pintar Dengan Metode Fun Learning Di SD Alam Palembang

PURWANINGRUM, MAIDA (2022) Pembelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Kartu Pintar Dengan Metode Fun Learning Di SD Alam Palembang. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (711kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DPUSTAKA.pdf

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KOVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab menggunakan media kartu pintar dengan metode fun learning di sekolah dasar Alam Palembang. Pembelajaran bahasa Arab adalah proses interaksi antara guru, peserta didik dan sumber-sumber belajar baik dalam pendidikan formal maupun nonformal guna untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasaa Arab yang telah ditetapkan atau yang diharapkan. Agar pembelajaran berjalan dengan baik maka harus menggunakan media dan metode yang sesuai dengan materi dan keadaan peserta didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran bahasa arab menggunakan media kartu pintar dengan metode fun learning di sekolah dasar alam palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dimana peneliti secara langsung terjun ke lapangan untuk mencari dan menggali data secara rinci terhadap fenomena yang terjadi di lapangan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peniliti menggunakan teknik reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Dan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa: (1) perencanaan pembelajaran bahasa Arab di SD Alam Palembang menggunakan kurikulum K13 dan KTSP. Dan pembuatan silabus diambil dari Kemenag begitu juga dengan Prota dan Prosemnya. Kemudian dalam menentukan tujuan pembelajaran bahasa Arab telah dirangkai diawal tahun sebelum penerimaan peserta didik baru. Langkah-langkah pembuatan perencanaan pembelajaran bahasa Arab dikelas 3 ini pertama-tama yaitu membuka dulu, kemudian menjelaskan materi apa atau tema apa dan tujuannya. Media yang digunakan guru dalam menyampaikan materi tersebut yaitu media kartu pintar dengan metode yang diterapkan yaitu metode fun learning. (2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan membagi kelompok; guru akan menginstruksikan kepada peserta didik untuk menentukan kapten tiap kelompoknya; Kemudian guru menginstruksikan agar masing-masing kelompok berdiskusi untuk memilih satu kartu pertama untuk dibawa kedepan kelas; Dan Guru akan bertanya kepada kelompok satu dengan kaptennya kepada kelompok masing-masing bahasa Arab kartu yang telah dipilih itu apa; Setelah selesai kapten setiap kelompok tidak boleh kembali ke tempat duduknya terlebih dahulu akan tetapi kartu tiap kelompok akan ditukarkan dengan kelompok lain; dan dilakukan berulang kali sampai kartu terakhir yang telah dipilih. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di SD Alam Palembang memperhatikan beberapa komponen-komponen dalam pembelajaran seperti: metode, media, materi dan evaluasi yang sesuai dengan bentuk pembelajarannya itu sendiri yakni pembelajaran bahasa Arab. (3) Evaluasi pembelajaran bahasa Arab di SD Alam Palembang menggunakan evaluasiyang merupakan sebuah Obsit dimana didalamnya terdapat soal yang bergambar sehingga dapat memudahkan untuk peserta didiknya. Dan di SD Alam ini penilaian dilaksanakan secara bertahap, yaitu ketika proses pembelajaran, penilaian harian dan penilaian semester. Guru juga menggunakan penilaian pada aspek kognitif; kedua, aspek assesment; kemudian ketiga, kreatifitas; keempat, kehadiran peserta didik; kelima, keaktifan peserta didik didalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN #3
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:21
Last Modified: 23 Feb 2022 07:21
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/19546

Actions (login required)

View Item View Item